5 Nutrisi Ibu Hamil Trisemester Pertama Ini Wajib di Jaga Bund, Demi Si Kecil!

shares |

Nutrisi Ibu Hamil Trisemester Pertama - Ingat banget waktu aku tahu kalau aku positif hamil. Yah, tepatnya di bulan April 2013 aku telat haid 1 minggu. Ketika aku telat haid tersebut, maka aku pun bertanya-tanya telat haid 1 minggu, apakah hamil?

Akhirnya sepulang mengajar aku pun membeli tespeck kehamilan di apotik, dengan hati penasaran dan penuh harap rasanya ingin segera menggunakan tespeck tersebut. Namun dari hasil aku searching di internet, ternyata untuk mendapatkan hasil yang valid saat mengecek itu dilakukan pada pagi hari. Jadinya mesti bersabar untuk menunggu 1 malam deh.

Pagi harinya aku pun dengan semangat menggunakan tespack tersebut. Setelah menunggu sekitar 5 menit bersama suami tercinta, alhamdulillah ternyata aku menemukan adanya 2 garis merah, yang menandakan bahwa aku positif. Momen ini pun akhirnya aku abadikan dengan memfoto hasil tes tersebut di bb.

Dengan mengetahui hal tersebut, maka sorenya aku pun segera memeriksakannya ke bidan terdekat. Waktu itu bu bidan sudah bisa meraba janinku lho, senangnya ya. Tapi waktu periksa itu aku pun banyak bertanya, apa saja sih Nutrisi Ibu Hamil Trisemester Pertama. Mau tahu, apasaja Nutrisi Ibu Hamil Trisemester Pertama? Yuk simak di bawah ini. Tentunya dari sumber terpercaya bidan ahli yang sudah menangani ratusan pasien ya, dan dari beberapa sumber.


1. Asam Folat

Asam folat sangat penting buat ibu hamil, baik di trisemester pertama kedua maupun ketiga. Manfaat asam folat bagi ibu hamil dinataranya untuk mencegah cacat lahir yang serius pada bayi, mencegah bayi prematur, berat badan lahir rendah. Asam folat bisa kita dapatkan dari sumber yang alami lho, tidak harus dengan bentuk obat. Diantaranya bisa kita temukan pada sayuran bayam, brokoli, pisang, sereal, hati sapi, asparagus, kacang hitam, alpukat, biji bunga matahari, kacang-kacangan lainnya, ikan, telor, jeruk, tomat, strawberry dan sayuran hijau lainnya.

Waktu aku dulu mengandung nih, searching-searching kandungan asam folat pada sayuran paling tinggi terdapat pada bayam, selanjutnya brokoli baru disusul dengan sayuran hijau lainnya. Sedangkan pada buah terbanyak dikandung pada buah pisang, selanjutnya jeruk dan buah-buah lainnya. Namun pisang apa yang dimaksud di banyak sumber tidak disebutkan.

2. Zat Besi

Zat besi ini adalah nutrisi yang sangat penting bagi semua orang di segala umur, apalagi buat ibu hamil. Manfaat zat besi bagi ibu hamil diantaranya untuk pertumbuhan janin, meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah anemia pada ibu hamil. Pasalnya seorang ibu yang sedang hamil volume darahnya meningkat antara 40 - 60%. Hal ini digunakan dalam menyuplay makanan dan oksigen melalui plasenta dan sampai ke janin.

Zat besi ini sangat bermanfaat selama kehamilan baik di trisemester pertama, kedua dan ketiga juga. Sealnjutnya sumber-sumber zat besi yang alami bisa ditemukan pada berbagai sayuran hijau terutama bayam dan kangkung, ikan-ikanan, telor, daging, susu, kacang-kacangan terutama kacang hijau dan kacang polong, hati sapi, hati ayam.

3. Kalsium

Kalsium sangat diperlukan oleh ibu hamil. Manfaat kalsium bagi ibu hamil diantaranya untuk pertumbuhan tulang janin, untuk ibunya sendiri, untuk membentuk jaringan jantung, otot dan sistem syaraf, untuk perkembangan bayi agar maksimal. Sumber-sumber kalsium bisa kita temukan pada susu, kacang-kacangan, brokoli, pisang, keju, daing, telor, sayuran yang berwarna hijau. Untuk buah pisang terutama paling banyak terkandung pada pisang Ambon.

4. Protein

Manfaat protein bagi ibu hamil adalah membantu dalam pertumbuhan jaringan pada janin dan palsenta, membantu pembentukan sel-sel janin agar sempurna, membantu proses pembentukan otak janin, membantu menghasilkan sel darah merah, mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Sumber-sumber protein bisa kita temukan pada daging sapi, daging ayam, putih telur, ikan, keju, kacang-kacangan, tahu, tempe, bayam.

5 Nutrisi Ibu Hamil Trisemester Pertama Ini Wajib di Jaga Bund, Demi Si Kecil!
Dibalik Daun Bayam Ternyata Kaya Protein


Fakta yang mengejutkan bahwa dalam 1 porsi bayam terkandung 13 gram protein. Selain itu juga bayam adalah salah satu sayuran yang mempunyai kandungan asam folat tertinggi dan zat besi tertinggi. Sehingga tak heran kalau bayam sangat dianjurkan buat ibu hamil.

5. Vitamin

Manfaat vitamin bagi ibu hamil sangatlah banyak. Namun secara umum bermanfaat dalam tumbuh kembangnya janin dalam kandungan. Jika ibu hamil kekurangan vitamin, maka janin tidak bisa berkembang dengan baik. vitamin terbagi ke dalam bermacam-macam, ada vitamin A, B, C, D, E, K. Masing-masing mempunyai manfaat tersendiri bagi ibu hamil. Namun di sini saya tidak menjelaskan satu-satu ya, karena butuh penjabaran yang cukup banyak.

Sumber vitamin bisa kita dapatkan dari bermacam-macam buah dan sayuran hijau. Namun ibu hamil harus menghindari beberapa buah ini, sebagai penyebab atau pemicu keguguran, diantaranya: buah durian, pepaya muda atau setengah matang, nanas, buah yang belum dicuci.

Demikian tadi Nutrisi Ibu Hamil Trisemester Pertama hasil dari searching dan tanya-tanya ya. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Buat para suami, bisa sebagai pengetahuan buat kewaspadaan istrinya ya. Dengan ini semua semoga kita bisa memberikan nutrisi terbaik buat anak-anak kita sejak dalam kandungan ya para bunda,, :)

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment