Jangan Tertipu Iklan, 10 Daftar Sayuran Yang Baik Untuk Ibu Hamil Ini Sangat Menyehatkan Bayimu

shares |

10 Daftar Sayuran Yang Baik Untuk Ibu Hamil Ini Wajib Kita Tahu - Para bunda dan istri shalihah, senang sekali ketika kita diberi rejeki itu, rejeki suatu kehamilan dari Sang Maha Pengasih semesta alam. Tidak semua wanita mendapatkan kesempatan ini. Jadi buat kita yang sedang mengalaminya dan memperoleh anugrah itu, kita harus banyak-banyak bersyukur dengan Allah SWT.

Kita semua udah tahu ya bun, cara bersyukur yang diajarkan oleh Baginda kita Rasulullah SAW, diantaranya kita bersyukur dengan ucapan dan perbuatan. Ucapan ini kita bisa selalu mengucap tahmid, alhamdulillah kepada Allah SWT. Selanjutnya untuk perbuatan ini kita bisa meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, kita bisa menjaga kehamilan kita dengan sebaik-baiknya, memberikan yang terbaik untuk tubuh kita dan janin kita. Yah, seperti itulah salah satu kebiasaan baik ibu hamil menurut Islam yang bisa kita terapkan.

Salah satu upaya dalam memberikan yang terbaik untuk janin kita dan sebagai kebiasaan baik ibu hamil adalah dengan makan makanan terbaik, makanan baik ibu hamil. Sehingga kita harus tahu apa saja sih makanan terbaik ibu hamil, apa saja sih sayuran yang baik untuk ibu hamil, sayur sehat untuk ibu hamil. Yuk mari kita pelajari bersama-sama di sini.

1. Bayam

Alhamdulillah bayam termasuk salah satu sayuran yang baik untuk ibu hamil. Bayam sangat mudah dan murah kita dapatkan di tukang sayur atau di pasar, bahkan jika kita ada kebun atau tanah, sangat mudah sekali ditanam. Selain mudah didapatkan, ternyata bayam terdapat kandungan gizi yang tinggi, bahkan bisa dibilang tertinggi daripada sayuran lainnya.

Adapun kandungan gizi yang ada dalam sayur bayam diantaranya ada energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, air. Selain itu juga sayur bayam adalah sayuran yang mempunyai kandungan asam folat tertinggi. Dimana asam folat sangat penting dalam proses pembentukan otak bayi. Dan gizi-gizi lainnya tadi sangat bagus untuk pembentukan janin bayi terutama dalam trisemeter pertama. Jadi bayam adalah sayuran yang baik untuk ibu hamil trisemester pertama.

Tidak sampai di situ saja, ternyata zat besi dalam bayam juga tinggi jadi sangat baik untuk penambah darah alami bagi ibu hamil di semua usia, baik di trisemerter pertama, kedua, maupun ketiga. Kandungan kalsiumnya juga tinggi, baik untuk pembentukan tulang janin kita. Dan zat-zat gizi lainnya juga sangat dibutuhkan oleh janin kita. Tips tentang 7 LANGKAH CARA MENYAPIH ANAK DARI ASI USIA 2 TAHUN TANPA REWEL.

2. Brokoli

Sayur yang satu ini memang tidak semurah dan semudah mendapatkannya jika dibandingkan dengan sayur bayam. Karena untuk sayur bayam tiap hari bisa kita temui dengan mudah dan bisa kita tanam sendiri di kebun, namun untuk sayur brokoli tergantung musim dan cara penanamanya pun juga tidak mudah. Tapi yang perlu menjadi catatan penting bahwa brokoli mempunyai kandungan gizi yang tinggi pula.

Bunda, setelah searching-searching nih, waw ternyata sayuran brokoli mempunyai banyak sekali kandungan gizinya. Berdasar dari sumber-sumber yang kami dapat kandungan gizinya antara lain: kalori, protein, asam lemak omega 3, karbohidrat, lemak, kalsium, kalium, fosfor, besi, zinc, magnesium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, vitamin E, vitamin A, serat, mangan, triptofan. Dari banyaknya gizi dalam brokoli, sehingga banyak sekali manfaat brokoli untuk ibu hamil dan janin. Salah satunya kandungan asam folat yang tinggi sangat baik untuk perkembangan janin, terutama mencegah cacat syaraf bayi. Brokoli adalah salah satu sayur sehat untuk ibu hamil, sayuran yang baik untuk ibu hamil muda dan untuk semua usia kehamilan.

3. Daun Kelor

Yah, pertama kali mendengar banhwa daun kelor itu bermanfaat untuk ini dan itu rasanya tidak percaya saja. Karena di lingkungan sekitar daun kelor itu tidak pernah dikonsumsi buat sayur, biasanya sama penduduk desa hanya digunakan untuk acara-acara kematian saja. Mereka-mereka para bunda yang sudah terbiasa memasak sayur daun kelor rasanya enak dan seger misal di sayur bening.

Kandungan gizi dalam daun kelor diantaranya, ada protein, lemak, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, kalsium, kalori, karbohidrat, tembaga, serat, zat besi, magnesium, fosfor, potassium. Yang lebih mencengangkan lagi, dari berbagai penelitian, perbandingan daun kelor dengan bahan pangan lain dalam jumlah yang sama (gram) menunjukkan hasil sebagai berikut:

  • daun kelor mengandung vitamin C 7x lipat dari vitamin C dalam buah jeruk
  • mengandung vitamin A 4x lipat vitamin A dalam wortel
  • kalsium pada daun kelor setara dengan 4 gelas susu
  • kandungan potassium setara dengan yang terkandung dalam 3 buah pisang
  • kandungan protein setara dengan protein dalam 2 yogurt

4. Daun Singkong

Jika kita hidup di daerah pedesaan daun singkong sangat mudah ditemui, hampir setiap rumah memiliki pohon ini. Namun jika kita sudah di area perkotaan, untuk mendapatkan sayuran ini tidaklah mudah. Di setiap tukang sayur pun belum tentu ada. Tapi kita bisa dengan mudah menmukannya di sayuran matang, yaitu sayur Padang. Hampir semua sayur Padang selalu ada daun singkong ini, seperti sayur andalannya masakan Padang.

Selanjutnya apa saja sih, kandungan gizi yang ada dalam daun singkong? Yah, daun singkong terdiri dari nutrisi seperti protein, serat, lemak, kalori, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, kalsium, fosfor dan zat besi, asam amino essensial. Dari kandungan gizi yang ada dalam daun singkong tersebut, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat. Diantaranya sebagai sumber energi dan penambah darah, yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

5. Daun Katuk

Daun katuk juga termasuk dalam deretan sayuran yang baik untuk ibu hamil. Karena dalam daun katuk mengandung banyak sekali diantaranya terdapat energi, lemak, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C. Salah satu hal yang spesial dalam daun katuk ini, namun tidak terdapat dalam sayuran lain adalah terdapat senyawa yang disebut dengan polifenol dan steroit.

Senyawa-senyawa tersebut adalah senyawa utama yang dapat merangsang alveoli agar dapat memproduksi ASI dengan baik, agar dapat memperbanyak produksi ASI dan memperlancar ASI. Seperti yang kita tahu bahwa ASI adalah makanan terbaik buat baby kita kelak. Tak ada satupun yang bisa menyamai gizi ASI buat baby. Jadi sangatlah penting jika sayuran ini mulai dikonsumsi sejak ibu hamil. Namun daun katuk harus dikonsumsi dalam keadaan matang. Baca juga tentang 7 MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI GEMUK, CERDAS DAN PINTAR.

6. Kangkung

Siapa yang tak kenal dengan sayuran yang satu ini, kangkung. Saat ini bahkan hampir di setiap restoran-restoran kecil maupun besar menyediakan menu sayuran ini, yang biasa tersaji dalam bentuk sayuran matang Cah Kangkung, dalam bantuk tumisan kangkung. Sayuran kangskung juga mudah ditemukan di setiap tukang sayur.

Dalam sayur kangkung terdapat kandungan gizi seperti energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalium, natrium, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, magnesium. Kandungan vitamin A dan beta karotin dalam sayuran kangkung sangat tinggi. Sehingga baik untuk perkembangan mata janin. Selain itu kangkung sangat baik untuk penambah darah dan bisa mengatasi mual pada hamil muda. Sehingga sayuran kangkung direkomendasikan sebagai sayuran yang baik untuk ibu hamil trisemester pertama, sayuran yang baik untuk ibu hamil muda sekaligus sayuran yang baik untuk ibu hamil di segala usia kehamilan.

7. Daun Pepaya

Daun pepaya juga merupakan salah satu sayuran yang baik untuk ibu hamil. Daun pepaya ini mempunyai cita rasa pahit, namun jika kita pintar mengolah atau memasaknya rasa pahit itu bisa kita hilangkan. Sehingga yang ada rasa enak dan segernya daun pepaya. Salah satu manfaat daun pepaya ini adalah dapat meningkatkan nafsu makan. Jadi sangatlah baik untuk ibu hamil, terutama ibu hamil muda. Karena rata-rata ibu hamil muda mengalami penurunan nafsu makan. Sehingga bisa disimulkan bahwa daun pepaya adalah salah satu sayuran yang baik untuk ibu hamil trisemester pertama, sayuran yang baik untuk ibu hamil muda.

Oya, sampai lupa menyampaikan kandungan gizi yang ada dalam daun pepaya, diantaranya ada kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, air. Jangan lewatkan juga artikel tentang JURUS JITU CARA MENGATASI BALITA SUSAH BUANG AIR BESAR.

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan di sini terdapat banyak macamnya, seperti kacang panjang, kacang hijau, kacang almond, kacang merah, kacang tanah, kacang adamame, kedelai jepang, dan lain-lain. Di setiap kacang-kacangan tersebut mempunyai manfaat sendiri-sendiri dan baik untuk ibu hamil. Sebagai contoh aja dalam kacang merah yang kaya akan zat besi, anti oksidan, protein yang baik untuk perkembangan kognitif bayi. Dan masih banyak lagi manfaat tiap-tiap kacang-kacangan buat ibu hamil.

9. Terong

Sayuran terong ada 2 jenis, yaitu terong ungu dan terong hijau. Masing-masing jenis tersebut mempunyai kandungan gizi yang berbeda, namun keduanya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kita dan keduanya adalah sayuran yang baik untuk ibu hamil.

Adapun kandungan gizi yang terdapat pada terong diantaranya ada protein, lemak, karbohidrat, kalori, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B, vitamin C, magnesium, tembaga, serat, asam folat, mangan, triptofan. Terong memiliki jumlah vitamin C yang baik membuat sumber anti virus dan anti bakteri yang efektif. Hal ini terkait dengan kadar kandungan gizi pada terong yang pas dan sesuai. Sehingga terong adalah sayur sehat untuk ibu hamil, sayuran yang baik untuk ibu hamil trisemester pertama dan sayuran yang baik untuk ibu hamil muda.

10. Jagung

Jagung adalah salah satu sayuran yang bisa dimakan dalam keadaan direbus atau disayur. Sayur kuah jagung bisa dibuat aneka macam masakan. Bahkan tidak hanya dibuat sayur kuah dan rebus, jagung bisa dibuat aneka makanan camilan, gorengan sebagai makanan selingan atau makanan ringan.

Kandungan gizi pada jagung terdiri dari kalori, lemak, protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, asam folat,  zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, zink. Dengan banyaknya kandungan gizi pada jagung tersebut, jagung mempunyai banyak manfaat terutama bagi ibu hamil dan bayinya. Jagung sebagai sumber asam folat yang bisa mencegah cacat saraf saat bayi lahir dan mencegah kekurangan berat badan. Jadi bisa disimpulkan bahwa jagung adalah makanan baikibu hamil, sayuran yang baik untuk ibu hamil trisemester pertama, sayuran yang baik untuk ibu hamil muda, sekaligus sebagai buah yang baik untuk ibu hamil.

Yah, cukup sampai di sini 10 daftar sayuran yang baik untuk ibu hamil. Semoga informasi ini bisa kita jadikan sebagai referensi dalam memilih menu sayuran ketika kita hamil dan menu sayuran buat keluarga kita, karena dari 10 sayuran tersebut terdapat kandungan gizi yang tinggi yang sangat baik buat kesehatan keluarga kita. Bunda, selamat membuat kreasi menu masakan  yang bergizi buat keluarga kita.

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment