Stress Si Kecil Susah BAB? Amalkan 5 Jurus Jitu Cara Mengatasi Balita Susah Buang Air Besar Ini

shares |

Blognya Keluarga Sakinah - Bunda, hal ini pernah terjadi pada buah hatinya tersayang? Hal apa itu, ya tentunya dalam pembahasan kali ini terkait dengan balita susah buang air besar. Berbagai cara sudah pernah dicoba untuk melancarkan bab si kecil, namun hasilnya tidak maksimal? Yah, maka dari itu Jurus Jitu Cara Mengatasi Balita Susah Buang Air Besar akan kita pelajari bersama di sini.



Bagi para bunda yang belum pernah mengalami masalah ini pada balitanya kami acungi jempol, top banget deh. Yah, karena hampir semua anak balita pernah mengalami permasalahan ini. Kalaupun ada yg tidak mengalami masalah ini paling 1% dari seluruh balita di Indonesia.

Tak dapat kita pungkiri bahwa walau hanya sekali pasti permasalahan susah buang air besar ini pernah terjadi pada balita kita. Bunda bisa ingat-ingat kembali kejadian ini pada balita kita, atau bahkan berkali-kali ini terjadi pada mereka?

Hal ini waktu terjadi pada kami sendiri. Sungguh tidak teganya melihat bayi susah bab, tidak teganya si kecil waktu itu usia sekitar 7 sampai 8 bulan sembelit untuk yang pertama kalinya. Yah, karena ini anak pertama, maka masih kurang pengalaman, berbagai cara telah kami coba.

Dengan minimnya pengetahuan tersebut, ketika ada orang atau tetangga yang bilang a, dilaksanakan, bilang b dilaksanakan, dan seterusnya. Dan pada waktu itu adanya pikiran panik sehingga tidak terfikir untuk coba-coba tanya ke mbah google. Balita susah bab apa obatnya? Yuk mari kita lanjutkan pembahasannya kali ini.

Walau seperti itu, namun hal yang kami laksanakan adalah hal-hal yang alami dan aman buat si kecil, lebih-lebih ketika itu dia masih 7 bulanan. Dari berbagai hal yang dulu pernah kami coba, maka di sini kami sharingkan contoh mengatasi susah bab pada bayi, cara mengatasi balita susah buang air besar, balita susah bab apa solusinya, akan kita bahas bersama.

1. Memberi Asupan Serat yang Cukup

Seperti halnya pada orang dewasa, balita kita, bayi kita juga perlu sekali mengkonsumsi serat yang cukup. Usahakan untuk selalu memberikan sayuran dan buah-buahan setiap hari pada anak kita. Buah yang bisa memperlancar bab seperti buah pisang, pepaya. Bisa juga dengan memberikan serat dari kacang hijau, kacang merah maupun dari agar-agar.

Oh ya resep makanan bayi 6 bulan pertama agar tidak sembelit kan udah pernah kita bahas sebelumnya ya. Dan Jika bayi masih ASI, maka kita sebagai ibunya harus memperbanyak juga makan serat.

2. Tambahkan Cairan (minum air putih atau ASI)
Dengan memperbanyak minum akan memperlancar bab. Untuk balita yang masih ASI, ASI adalah cairan yang efektif dalam memperlancar bab. Namun buat balita yang sudah lepas dari ASI, maka air putih adalah cairan atau minuman yang paling pas dalam memperlancar bab.

Widyakarya Pangan Nasional dan Gizi di Indonesia merekomendasikan angka kecukupan air untuk orang Indonesia. Ditulis bahwa anak usia 0,5 - 1 tahun kebutuhan airnya 800 mililiter, usia 1 - 3 tahun sebanyak 1.200 mililiter, usia 4-6 tahun sebanyak 1.500 mililiter.

3. Berikan Pijatan Pada Perut



Pemijatan perut bayi atau balita ini dilakukan dengan pelan-pelan, jangan sampai malah menyakiti perut mereka. Gunakan minyak zaitun atau minyak but-but untuk membuat perut mereka licin, sehingga akan lebih berhati-hati. Pemijatan ini dimulai dari perut bagian kanan bawah dipijat ke atas belok kekiri dan selanjutnya di perut bagian kiri dipijat  ke bawah, seakan-akan membentuk huruf n. Ini disesuaikan dengan letak usus besar yang terdapat kotoran di dalamnya. Hal ini akan membantu dalam mendorong kotoran untuk lebih mudah dikeluarkan.

4. Mandi Air Hangat
Ehm, kedengarannya aneh dan tidak nyambung ya? Eits, jangan salah, air hangat mampu membuat otot-otot menjadi rileks yang mengakibatkan bab jadi lebih lancar. Jadi ingat waktu dulu si kecil lagi susah bab, cara ini pernah kami coba juga lho, dan lumayan sedikit memperlancar.

5. Olesi Dengan Minyak Zaitun



Jurus kelima ini biasanya kami lakukan sebagai jurus terkahir, setelah jurus pertama sampai keempat dicoba. Yah, memang jurus kelima ini lumayan ampuh dalam memperlancar bab, terutama bagi balita susah bab keras.

Jurus ini kami dapatkan dari salah satu saudara kami yang telah mempunyai 2 orang anak. Waktu itu sempat nggak percaya, namun setelah mengalaminya sendiri pada si kecil, kami cobakan dan ternyata lumayan top cer, hehe. Si kecil udah 2 hari tidak bab (karena biasanya tiap hari bab), malamnya di bagian duburnya kami olesi minyak zaitun, paginya anaknya bab, jika pagi diolesi, biasanya sorenya bab.

Perlu diperhatikan bahwa minyak zaitun yang dipilih adalah minyak zaitun yang benar-benar murni, tanpa campuran bahan atau zat lainnya. Kita harus jeli dalam memilihnya, setidaknya diperhatikan di bagian komposisi. Karena banyaknya fungsi minyak zaitun ini, akhirnya bermacam-macam merk di pasaran mudah kita temukan. Dan sebagian besarnya telah dicampur dengan beberapa zat lain. Hal ini terbukti dari sifat asli minyak zaitun berbeda, terutama dari bau dan warnanya yang bisa kita temui.

Yah, demikianlah Jurus Jitu Cara Mengatasi Balita Susah Buang Air Besar. Buat para bunda, para ayah yang cerdas bisa menambahkan lho, sesuai dengan pengalaman yang pernah dilakukan. Namun jangan sampai balita kita, kita beri obat pencahar. Karena obat pencahar ini akan membuat ketergantungan. Selain itu juga akan mengganggu dan merusak sistem pencernaan pada balita kita.

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment