5 Cara Mengatasi Bayi Rewel Di Malam Hari Ini Ampuh Untuk Menenangkan Bayi Kita.

shares |

Selamat sore para Bunda shalihah pembaca Blognya Keluarga Sakinah. Sore yang sejuk ini rasa syukur kami panjatkan kepada Sang Pencipta yang telah melengkapi keluarga kami dengan hadirnya sang buah hati, sang penyejuk hati dalam keadaan yang selalu sehat wal'afiat. Melihat si kecil sehat, makannya lahap, tidur dengan nyenyak, tenang, enjoy bermain rasanya bahagia itu menyelimuti hati ini.

Terkadang apa yang diharapkan keadaan terus itu tidak bisa sesuai dengan kenyataan. Dengan berbagai faktor lingkungan dan keadaan tubuh si kecil, tahu-tahu si kecil merasa tidak enjoy, merasa tidak nyaman dan akhirnya hanya bisa menangis seperti tanpa sebab. Mereka menangis, rewel sebagai tanda bahwa mereka merasakan ketidaknyaman. Karena si kecil belum bisa menyampaikan hal tidak nyaman dengan baik, bahkan sampai mereka usia sekitar 4 tahunan. 

Kita sebagai orang tuanya harus teliti dan paham akan keadaan baby kita, anak kita misal mereka lagi rewel. Ada banyak faktor penyebab bayi rewel di malam hari. Untuk dapat mengatasi dia rewel, kita mesti tahu dulu kenapa bayi rewel di malam hari. Diantaranya: popoknya basah, sedang BAK atau BAB, kondisi perutnya lapar, adanya ketidaknyamanan karena sakit atau kedinginan atau kepanasan, diganggu sama makhluk lain, kecapekan.
cara mengatasi bayi rewel di malam hari, penyebab bayi rewel di malam hari

Setelah kita tahu penyebab bayi rewel di malam hari, kenapa bayi rewel di malam hari, maka kita akan tahu cara menenangkan bayi rewel di malam hari, cara mengatasi bayi rewel dan susah tidur. Jika siang hari keadaan akan lebih mudah dikendalikan, karena banyak faktor yang  bisa mendukung, namun kondisi malam hari apalagi malam sudah larut, yang ada hanya kita dan bayi kita yang masih terjaga ketika dia rewel, lainnya rata-rata sudah tidur. Apa saja cara-cara mengatasi bayi rewel di malam hari? Cara mengatasi bayi rewel umur 1 bulan? Cara menenangkan bayi rewel di malam hari? Yuk kita bahas satu persatu,


1. Periksa kondisi popoknya

Hal yang paling sering terjadi pada bayi ketika menangis adalah karena dia BAK atau BAB. Hampir semua bayi selalu menangis saat terbangun jika kondisi kalau popoknya basah. Mereka merasakan ketidaknyaman. Kalau memang popoknya kotor, maka segera ganti dengan yang bersih agar mereka tidak merasa risih, agar mereka merasa nyaman dan bisa kembali tidur seperti semula. Langkah ini adalah langkah pertama yang ditempuh sebagai cara mengatasi bayi rewel umur 1 bulan. Baca juga tentang artikel 3 RESEP MAKANAN AYI 6 BULAN PERTAMA INI PAS UNTUK MENGENALKAN RASA.

2.  Berikan ASI / Makanan Kesukaan Lainnya

Jika hal pertama sudah dilakukan, ternyata popoknya tidak kotor atau tidak basah, tetapi bayi kita tetap menangis, biasanya ini karena lapar. Seperti yang kita tahu bahwa untuk bayi yang masih ASI eksklusif harus selalu diberi ASI, bahkan per 3 jam sekali diberi ASI. walaupun mereka nenennya hanya sebentar, tapi kerutinan itu harus selalu diberikan, agar bayi kita terpenuhi makan dan nutrisinya. 
kenapa bayi rewel di malam hari, cara menenangkan bayi rewel di malam hari, mengatasi bayi rewel tengah malam
  Sebagian besar bayi akan tenang setelah dikasih ASI, mereka bisa tidur dengan tenang dan terlelap karena merasakan ketenangan tersendiri saat nenen didekat ibunya dan merasakan kenikmatan dan rasa kenyang sehingga mereka akan cepat tertidur. Langkah ini yang biasanya sebagai cara mengatasi bayi rewel umur 1 bulan, sekaligus juga mengatasi bayi rewel dan susah tidur.

Selanjutnya ini untuk anak atau balita berada dalam masa mau penyapihan, maka diberikan makanan kesukaan mereka. Karena balita yang lapar cenderung susah tidur dan rewel, namun ketika mereka nanti kenyang kembali maka mereka akan mudah tidur dan tidurnya akan pulas. Untuk para bunda yang mau menyapih bayinya atau dalam masa penyapihan, bisa baca artikel yang satu ini, 7 LANGKAH CARA MENYAPIH ANAK DARI ASI USIA 2 TAHUN TANPA REWEL.


3. Hilangkan Penyebabnya, Berikan Kenyamanan dan Pelukan

Langkah selanjutnya setelah poin pertama dan kedua dilakukan, namun bayi tetap saja menangis, tetap saja rewel, kemungkinan besar bayi kita sedang merasakan ketidaknyaman yang berasal dari luar. Ketidaknyaman ini bisa karena mereka sakit, kurang enak badan, karena kedinginan atau karena udara yang terlalu panas. Untuk kondisi seperti ini maka kita harus menghilangkan penyebabnya ini. Jika memang karena kedinginan maka kita harus segera memberikan kehangatan dengan memberikan selimut. Jika karena kepanasan kita harus menghilangkannya, bisa dengan mengipasinya atau pindah ke ruangan yang tidak panas.

Ketika memang anak sedang sakit, kita tentu sudah berupaya untuk segera menyembuhkannya, namun memang bayi masih belum sembuh atau daya tahan tubuhnya masih berusaha melawan penyakitnya itu. Jika ini terjadi, kita harus selalu memberikan kenyamanan padanya. Kenyamanan yang dirasakan pada bayi kita tentu sudah paham. Karena kenyamanan ini setiap bayi beda-beda, bisa dengan cara kita menggendongnya, mengajar jalan-jalan, menimang-nimangnya, mengayun-ayun dalam ayunan, dan lain-lain. Selain itu juga berikan pelukan pada mereka. Karena dengan pelukan itu mereka cenderung akan merasa tenang. Ini adalah salah satu usaha untuk mengatasi bayi rewel dan susah tidur, salah satu cara juga untuk mengatasi bayi rewel tengah malam.

4. Pijat Tubuh Si Kecil

Jika kita sudah melakukan banyak hal, mulai dari langkah pertama sampai ketiga namun bayi tetap tidak tenang, tetap masih rewel maka bisa jadi bayi kita sedang kelelahan dan capek. Maka langkah yang perlu kita ambil adalah membaluri tubuh mereka dengan minyak telon atau bisa minyak but-but selanjutnya memijat-mijat seluruh tubuhnya, mulai dari kaki, tangan sampai ke badannya. Kalau persendian mereka sudah tidak kaku lagi biasanya rasa capek itu sedikit demi sedikit hilang. Selanjutnya si bayi akan mulai tertidur dan tidurnya akan pulas. Hal ini adalah sebagai salah satu cara mentasi bayi rewel tengah malam, cara menenangkan bayi rewel di malam hari.
cara mengatasi bayi rewel umur 1 bulan, mengatasi bayi rewel dan susah tidur, cara mengatasi bayi rewel di malam hari

Jika masih bayi umur 1 sampai 4 bulanan kemungkinan hal ini jarang terjadi, karena mereka belum begitu banyak gerak. Namun ketika mereka sudah mulai banyak gerak, tengkurap, guling-guling, duduk, apalagi sudah latihan jalan atau bisa jalan awal-awal, biasanya rasa capek ini yang menjadi penyebab balita rewel.

5.  Bacakan Surat Al-Fatihah dan Ayat Al-Qur'an Lainnya.

Pernah suatu ketika kami telah melakukan hal-hal di atas namun bayi kami tetap rewel, waktu itu usia sekitar 1 setengah tahunan. Waktu itu memang bingung mau ngapain, namun akhirnya membacakannya surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, ayat Kursi dan do'a pada bayi kita. Seketika itu setelah suami membacakan selesai maka bayi kami tenang dan tidak menangis lagi.

Yah, memang ada jenis-jenis jin yang suka mengganggu bayi di malam hari. Walaupun memang sekarang sudah jarang terjadi. Maka untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya para bunda selalu membacakan bayi kita dengan dzikir pagi dan petang agar bayi kita selalu terjaga dari jin.

Demikianlah 5 Cara mengatasi bayi rewel di malam hari ini ampuh untuk menenangkan bayi kita. Untuk bayi kita yang kedua atau ketiga atau keempat mungkin kita sudah tidak bingung lagi, karena kita telah berpengalaman di bayi kita pertama. Namun untuk bayi kita yang pertama, untuk anak pertama kita, biasanya sebagai orang tua baru, sebagai ibu baru masih sering bingung dan stress jika menghadapi bayi yang rewel di malam hari. Maka cukuplah 5 cara di atas bisa menenangkan bayi kita.

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment