5 Makanan Penambah HB Ibu Hamil Yang Ampuh Dan Cepat

shares |

Para bunda pembaca Blognya Keluarga Sakinah ketika membicarakan masalah makanan penambah hb ibu hamil ini, jadi teringat pengalaman pribadi, ketika hamil dahulu. Seperti yang dialami oleh sebagian besar ibu hamil, mungkin malah semua ya, bahwa mereka rata-rata memiliki hb yang rendah. Hal ini ada banyak faktor penyebabnya sehingga hb rendah. Sehingga kami merasa perlu untuk membahas 5 Makanan Penambah HB Ibu Hamil Yang Ampuh Dan Cepat ini.

makanan penambah hb ibu hamil, makanan penambah hb darah bagi ibu hamil, makanan penambah hb rendah

Di satu sisi, ibu hamil harus mempunyai cukup hemoglobin demi perkembangan si janin dan demi kesehatan si ibu. Karena ketika kita hamil, kondisi tubuh kita harus benar-benar dalam keadaan baik, ketika sedikit kurang sehat atau kurang baik, maka akan menimbulkan masalah baik buat si janin maupun buat si ibu sendiri.

Waktu hamil, terutama di trisemester pertama, keadaan si ibu yang sering mual dan muntah serta nafsu makannya yang menurun mengakibatkan kebutuhan akan nutrisi kurang tercukupi. Hal ini juga yang kami alami, ketika mau makan sangat susah dan harus mengumpulkan segala kekuatan untuk mau makan. Selain itu juga dibarengi dengan aktivitas sebagai ibu rumah tangga mengakibatkan hb kami rendah.

Dengan keadaan ini, mau tidak mau, suka tidak suka harus makan makanan yang cukup nutrisinya. Untuk kali ini karena dites hab benar-benar rendah, waktu itu hanya 8,9 maka fokus atau makanan yang kami konsumsi sendiri adalah makanan yang bisa menaikkan hb dengan cepat. Di samping juga mengkonsumsi penambah hb dari bidan yang memeriksa setempat.

 Dari berbagai sumber, dari berbagai ahli kesehatan kami menyimpulkan ada 5 makanan penambah hb ibu hamil dengan cepat. Sebenarnya ada banyak sekali makanan yang bisa menambah hb ibu hamil, namun di sini kami hanya mensharekan makanan-makanan yang benar-benar cepat reaksinya dalam menaikkan hb ibu hamil. Oke, tidak perlu berpanjang lebar, yuk mari intip bersama-sama, makanan penambah hb rendah, makanan penambah hb ibu hamil, makanan penambah hb darah lengkap, makanan penambah hb saat hamil, makanan penambah hb pada ibu hamil.

1. Daging Merah


 makanan penambah hb darah lengkap, makanan penambah hb darah, makanan penambah hb dalam darah

Makanan penambah hb rendah bagi ibu hamil yang pertama adalah daging merah. Daging yang berwarna merah kaya akan kandungan gizi terutama sangat baik untuk menambah hb darah, menambah hb ibu hamil. Daging yang berwarna merah ini mudah kita dapatkan. Daging yang berwarna merah diantaranya ada daging sapi, daging kambing, daging domba, daging kuda dan berbagai daging ikan yang berwarna merah.

Penting juga membaca artikel yang satu ini, tentang 7 MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI GEMUK, CERDAS DAN PINTAR.

2. Telur

Selain daging merah, makanan penambah hb darah ibu hamil yang kedua adalah telur. Telur kaya akan protein hewani juga. Namun di sini kami sangat menyarankan telur jawa. Karena kandungan gizinya lebih besar jika dibandingkan dengan telur horn. Namun welingan dari bidan setempat kemarin, segala jenis telur bagus dikonsumsi tiap hari untuk menambah hb ibu hamil.

Di satu sisi, dari ahli herbal sendiri sangat menganjurkan untuk makan kuning telur jawa mentah. Karena kuning telur jawa mentah ini sangat bagus kandungan gizinya, jika dibandingkan ketika sudah dimasak. Tetapi ternyata dari segi kesehatan tidak dianjurkan makan telur mentah saat hamil, karena ditakutkan ada bakteri dalam telur.

Dari dua fakta di atas yang memang bertolak belakang, ini terngantung dari individu masing-masing. Berdasar pengalaman pribadi, setelah makan kuning telur jawa mentah 3 hari berturut-turut kondisi tubuh seperti sudah pulih, hb sepertinya langsung naik drastis. Karena kami sendiri merasakan yang tadinya lemes, cepat capek, lelah keadaan jadi berubah menjadi semangat dan tubuh kembali bugar. Tidak ada maksud apa-apa, ini hanya sekedar pengalaman saja.

3. Susu

Makanan penambah hb darah bagi ibu hamil selanjutnya adalah susu. Susu juga merupakan protein hewani yang lumayan mempunyai reaksi cepat untuk menambah hb darah, menambah hb ibu hamil. Susu ini bisa berupa susu kambing, susu kuda, dan susu sapi.

4. Bayam

 makanan penambah hb pada ibu hamil, makanan penambah hb saat hamil, makanan penambah hb rendah

makanan penambah hb dalam darah ibu hamil yang selanjutnya adalah sayuran bayam. Yah, bayam sepertinya sayuran yang paling kaya akan gizinya, karena banyak sekali manfaat bayam buat kesehatan kita. Bayam adalah sayuran yang paling cepat dalam menambah hb darah. Walaupun sayuran hijau lainnya juga bagus dalam menambah hb darah, namun masih kalah dengan sayuran yang satu ini, bayam. Sayuran hijau selain bayam yang bisa menambah hb darah diantaranya ada sayuran daun singkong, kangkung, daun ningkir, daun pepaya dan lain-lain.

Baca juga tentang 10 DAFTAR SAYURAN YANG BAIK UNTUK IBU HAMIL  di sini.

5. Buah Tin

Buah tin ini selain sebagai salah satu buah kesukaan Rasulullah SAW, dia juga mempunyai banyak manfaat. Dalam buah tin ini mengandung kalium, serat dan zat besi yang tinggi. Sehingga sangat baik sebagai makanan penambah hb darah ibu hamil. Selain itu juga kaya akan asam folat, omega 3, omega 6,  vitamin A, B dan C dan masih banyak kandungan gizi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil juga.

Dari pengalaman teman kami sendiri yang mengalami kondisi hb rendah saat hamil, dia selalu mengkonsumsi buah tin sampai mau melahirkan ini dan ternyata kendala-kendala seperti cepat lelah, lemes bisa diatasi. HB nya pun cenderung stabil dan dalam angka cukup untuk ibu hamil. Walaupun di sisi lain juga tetap mengkonsumsi sayuran hijau, dan buah-buahan.

Demikianlah sharing kali ini terkait dengan 5 makanan penambah HB ibu hamil yang ampuh dan cepat. Semoga bisa bermanfaat buat kita semua. Bagi para suami bisa sebagai persiapan istrinya yang sedang hamil dengan sebaik-baiknya. Dan semoga kondisi bayi kita, janin kita dalam keadaan sehat dan kelak ketika lahir menjadi anak yang shalih dan shalihah. Aamiin.. :)

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment