4 Makanan Penambah Berat Badan Balita Ini Sungguh Ampuh.

shares |

Bunda setia pembaca Blognya Keluarga Sakinah, melihat si kecil gemuk dan sehat adalah dambaan kita bersama. Namun seperti yang kita tahu bahwa balita sangat riskan terhadap penyakit. Mereka mudah terserang panas, batuk, pilek jika cuaca tidak menentu dan mudah tertular oleh orang-orang di sekitarnya. Nah, jika si kecil udah tertular tu, jadi susah makan dan biasanya berat badannya cepat turun lagi deh. Maka dari itu kami rasa perlu di sini untuk sharing bersama terkait dengan 4 Makanan Penambah Berat Badan Balita Ini Sungguh Ampuh. 

Makanan Penambah Berat Badan Balita, susu balita penambah berat badan, menu penambah berat badan

Pengalaman kami sendiri ketika si kecil belum genap 2 tahun, hampir setiap bulan selalu saja terserang penyakit. Penyakit langganan yang sering datang biasanya panas, batuk, pilek, mencret. Nah sebelum batuk pilek dan mencret melanda nih, hampir selalu diawali dengan panas terlebih dahulu. Yang jadi masalah ketika anak panas, berat badannya langsung turun cepat sekali, panas sehari saja udah kelihatan turun.

Yah, karena memang ketika anak panas, ini sebenarnya sebagai upaya perlawanan tubuh terhadap virus atau benda asing yang masuk ke tubuhnya. Dan sebenarnya hal ini adalah bagus secara kesehatan, karena daya tahan tubuhnya bekerja dengan baik, berusaha untuk melawan terlebih dahulu terhadap gangguan yang masuk.

Di satu sisi memang usia balita masih rentan terhadap penyakit musiman yang datang. Tak jarang jika 1 bulan pasti sakit walaupun hanya sekali, untuk anak-anak yang lebih sensistif biasanya 2 sampai 3x dalam sebulan. Jika sudah seperti ini, bagaimana berat badan si kecil bisa naik? Sedih deh kita sebagai seorang ibu ketika jadwal posyandu (penimbangan balita) mau datang, si kecil sakit. Dan rata-rata memang waktu sakitnya sebelum posyandu berjalan, sekitar seminggu atau 10 hari sebelum posyandu.

Hal ini akhirnya menjadi keluhan sebagian besar para ibu. Curhatan mereka, "Bagaimana mau naik berat badannya, tiap kali mau timbangan pasti sakit?" Kalau sudah seperti ini sebenarnya siapa yang salah? Yah, kita tak perlu menyalahkan siapa-siapa, memang kondisi balita rentan terhadap perubahan cuaca. Yang perlu kita lakukan adalah tetap berusaha semaksimal mungkin menjaga kesehatan si kecil dan tentunya berusaha untuk mengupayakan agar si kecil berat badannya naik terus.

Makanan Penambah Berat Badan Balita

Selain selalu menjaga dan melindungi kesehatan si kecil dengan ekstra, kita juga harus memiliki cara-cara jitu dalam menambah berat badan si kecil. Tentunya cara menambah berat badan anak yang paling mungkin dan mudah kita terapkan adalah memberikan makanan penambah berat badan balita kita. Selanjutnya apa saja sih makanan penambah berat badan balita 2 tahun? Apa saja menu penambah berat badan? Apa saja resep penambah berat badan balita kita? Yuk, mari kita simak dibawah ini bersama-sama.

1. Susu

makanan penambah berat badan balita 2 tahun, resep penambah berat badan balita, cara makanan penambah berat badan bayi

Makanan penambah berat badan balita yang  pertama adalah susu. Dalam susu terdapat kandungan gizi yang tinggi. Berbagai kandungan protein, mineral, fosfor dan lain-lain bisa kita temukan dalam susu. Susu di sini adalah berupa ASI. ASI adalah makanan terbaik bagi bayi yang belum ada tandingan nilai gizinya. Untuk balita 2 tahun ke atas atau yang sudah lepas dari ASI bisa menggunakan susu kambing dan susu sapi.Sekarang juga telah banyak diciptakan susu penambah berat badan bayi.

Bunda, penting juga membaca tentang 7 LANGKAH CARA MENYAPIH ANAK DARI ASI USIA 2 TAHUN TANPA REWEL ini.

2. Lauk Hewani

Cara menambah berat badan anak yang kedua adalah dengan memberikan makanan yang berupa lauk hewani. Menu makanan yang diberikan pada si kecil hendaknya terdapat lauk hewani, selain ada sayurnya juga. Lauk hewani ini bisa diperoleh dari telur, ikan, daging ayam, daging sapi, udang dan hewan-hewan laut lainnya. Dalam lauk hewani ini terdapat kandungan protein yang tinggi yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan si kecil. Kandungan protein yang tinggi ini akan membuat tubuh si kecil semakin berisi.

3.Buah Yang Padat Kalori

susu penambah berat badan bayi, cara menambah berat badan anak, cara menambah berat badan bayi 9 bulan

Yah, menu penambah berat badan balita 2 tahun adalah buah yang padat kalori. Yah, kenapa harus buah yang padat kalori? Karena memang dalam upaya meningkatkan berat badan sangat dibutuhkan kalori yang tinggi. Sehingga buah yang padat kalori ini sangat pas buat menambah berat badan si kecil. Selain itu juga buah mengandung banyak vitamin dan mineral. 

Sekarang, apa saja sih buah yang berkalori tinggi? Buah yang mengandung kalori tinggi ada buah pisang dan alpukat. Untuk buah pisang bisa langsung dikonsumsi si kecil, namun untuk buah alpukat bisa dibuat jus alpukat atau pure alpukat. Namun ita harus hati-hati juga dalam memberikan kedua buah tersebut, karena jika terlalu banyak akan menyebabkan mencret. 

Baca juga tentang 7 MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI GEMUK, CERDAS DAN PINTAR  hanya di sini.

4. Oatmeal

Makanan penambah berat badan balita yang keempat adalah outmeal. Dalam outemal terdapat kandungan karbohidrat kompleks dan merupakan makanan yang berserat tinggi, sehingga baik untuk balita kita. Outmeal ini bisa digunakan sebagai pengganti sarapan si kecil. Outmeal bisa disajikan dalam bentuk bubur dan bisa juga disajikan dengan cara mencampurkan dengan buah-buahan.

Demikianlah sharing siang ini terkait dengan 4 makanan penambah berat badan balita. Semoga bisa memberikan referensi tersendiri bagi bunda semua. Dan semoga berat badan si kecil selalu bertambah namun juga tetap sehat. Badan berisi, sehat dan lincah si kecil adalah dambaan kita semua. Up date selalu tips-tips dan informasi yang berguna lainnya hanya di BlognyaKeluargaSakinah.Blogpsot.Com.

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

1 comments

  1. Asslm bun istriku lg hamil tua nih apa boleh minum madu ternak dan tanpa di panasin dulu minumnya..fan anak saya usia 2 Th 3bln ko bb nya 10kg pf hal makannya bgus mksih

    ReplyDelete