7 Cara Mencari Jodoh Yang Baik Menurut Islam

shares |

7 Cara Mencari Jodoh Yang Baik Menurut Islam - Jodoh adalah rahasia Allah SWT yang telah ditetapkan oleh-Nya. Seperti yang telah disampaikan pada artikel sebelumnya tetang ciri-ciri jodoh menurut Islam, bahwa berkaitan dengan jodoh Allah SWT telah menetapkan ke dalam 3 perkara, pertama mereka orang yang dimudahkan untuk menemukan jodohnya. Kedua orang yang sedikit agak lama dalam menemukan jodohnya, tetapi suatu saat nanti akan dipertemukan di dunia. Ketiga mereka yang akan mendapatkan jodoh tertunda sampai mereka di akhirat kelak.



Dari ketiga taqdir yang telah ditetapkan Allah SWT tersebut maka kita sebagai manusia diperintahkan untuk berusaha dalam menjemput jodoh kita masing-masing. Tak perlu kita pungkiri bahwa hampir semua diantara kita pasti menginginkan agar kita bisa segera dipertemukan dengan jodoh kita. Selain itu juga melihat masih banyak para jomblo yang belum menemukan pasangannya, maka disini kami coba sharekan cara mencari pasangan, tips mencari jodoh, cara mencari jodoh. Detailnya seperti apa? Yuk kita simak 7 Cara Mencari Jodoh Yang Baik Menurut Islam.

1. Memperbaiki Hubungan Dengan Allah SWT.

Sebelum kita berusaha untuk mencari jodoh langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memperbaiki diri. Poin pertama tentunya adalah memperbaiki hubungan kita dengan Allah SWT.  Kita bisa mengoreksi diri kita sudahkah kita melaksanakan perintah Allah SWT dengan baik? Sudahkan kita penuhi semua kewajiban kita kepada Allah SWT? Sudahkah kita jauhi semua larangan dari Allah SWT?

Perbaiki sholat 5 waktu kita, apakah sholat kita sudah bisa dibilang baik, sudah tuma'ninah? Biasakan sholat di awal waktu dan sholat berjamaah (terutama bagi yang laki-laki).Pelihara sholat-sholat sunnah seperti sholat sebelumdan sesudah sholat fardhu, sholat dhuha, sholat malam, lakukan semampu kita. Penuhi segera hutang-hutang puasa Ramadhan kita, bagi yang masih berhutang. Jangan ditunda-tunda lagi. Mencoba untuk menutup aurot, baik bagi laki-laki dan perempuan. Karena menutup aurot hukumnya wajib.

2. Memperbaiki Hubungan Dengan Orang Tua

Setelah hubungan dengan Allah SWT telah kita perbaiki tahap selanjutnya adalah memperbaiki hubungan dengan orang tua. Karena ridhonya Allah SWT berada pada orang tua, namun bagi perempuan yang sudah bersuami beralih kepada suaminya.

Coba tanyakan pada diri sendiri, "Sudahkah Anda bicara yang sopan dengan orang tua? Sudahkah Anda berusaha memnuhi permintaan orang tua dengan kemampuan Anda?" Jika belum maka segera lakukan. Doakan juga bagi orang tua kita. Hindari kata-kata yang kurang sopan, agar tidak menyinggung perasaan mereka.

3. Memperbaiki Hubungan Dengan Saudara, Teman dan Tetangga.

Dalam bergaul dengan saudara, teman dan tetangga kita, pasti tak luput dari kesalahan-kesalahan yang tidak kita sengaja. Maka di sini perlu kiranya kita untuk memperbaiki hubungan kita dengan mereka, kita usahakan untuk berbicara dengan bahasa yang sopan, sehingga tidak menyakiti mereka. Selanjutnya menyambung tali silaturahim juga sangat dianjurkan untuk mempermudah jalan dalam mencari jodoh yang baik.

4. Luruskan Niat

Dalam mencari jodoh maka kita harus meluruskan niat terlebih dahulu. Luruskan niat dalam menikah, menikah hanya karena Allah SWT. Niatkan menikah untuk menyempurnakan separuh dari agama, menikah niatkan untuk mencari Ridho Allah SWT, menikah niatkan untuk melaksanakan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Dengan niat-niat yang lurus tersebut maka dengan menikah kedua pasangan secara otomatis akan semakin dekat dengan Allah SWT. Dalam pernikahan tersebut akan tercipta keluarga yang Sakinah, Mawadah, Warohmah, keluarga yang penuh berkah dan rahmat Allah SWT senantiasa meliputi keluarga ini.

Kasus yang terjadi di lapangan ada beberapa orang yang berniat menikah karena untuk mendapatkan tunjangan yang lebih, untuk sekedar bisa menutup aibnya (terutama bagi yang hamil di luar nikah), karena terbawa lingkungan bahwa semua teman-teman seusianya sudah menikah, karena gengsi agar tidak dicap sebagai perawan tua, dan lain-lain. Hindari hal-hal tersebut. Karena hal ini akan membuat Anda untuk semakin lama mendapatkan jodoh.

Baca juga Ayat Alqur'an Tentang Pasangan Hidup ya, agar bisa memberikan kemantapan dalam meluruskan niat.

5. Ta'aruf

Setelah niat sudah lurus, maka kita diperintahkan untuk ikhtiar atau usaha? Dengan cara apa? Yah, bedanya orang yang mau mendapatkan jodoh yang baik, maka caranya pun juga dengan cara yang baik pula. Ikhtiarnya orang Islam dalam mencari jodoh adalah dengan cara ta'aruf. Taaruf adalah perkenalan antara kedua calon pasangan. Untuk lebih detailnya tentang pengertian taaruf dalam Islam, cara taaruf dalam Islam, proses taaruf dalam Islam bisa baca pengertian taaruf dalam islam dan tata cara taaruf.

6. Do'a Kepada Allah SWT.

Do'a adalah senjata orang Islam dalam mencapai cita-citanya. Karena Allah Maha Kuasa, Allah Maha Mengetahui. Hal ini sangatlah mudah bagi Allah untuk segera mempertemukan dengan jodoh kita. Dan Allah adalah Maha Pemurah dan Penyayang. Allah selalu mengabulkan do'a-do'a hamba-Nya.

7. Pasrahkan Kepada Allah SWT.

Poin terakhir yang harus dilakukan adalah pasrah atau berserah diri kepada Allah SWT, serahkan semua urusan ini kepada Allah. Biarlah Allah yang mengaturnya. Setelah poin 1 sampai dengan 6 sudah dilakukan, namun Allah tidak segera mempertemukan dengan jodoh Anda, maka berkhusnudhonlah kepada-Nya. Mungkin kesendirian saat ini adalah yang terbaik buat Anda, mungkin saja Anda belum siap secara batiniah atau lahiriyahnya. Karena Allah lah yang lebih tahu mana yang terbaik buat Anda. So, tetap semangat dan selalu dekatkan diri kepada Allah.

Demikianlah sharing kita kali ini yang berkaitan dengan 7 Cara Mencari Jodoh Yang Baik Menurut Islam. Bagi Anda yang peduli dengan saudaranya, teman-temannya yang masih jomblo belum menumkan jodohnya, maka bisa sharekan artikel ini ke mereka. Dengan mensharekan ke yang lain, semoga menjadi ladang pahal tersendiri bagi Anda.

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment