Baca 6 Ayat Alqur'an Tentang Pasangan Hidup Ini, Sangaaaaat Inspiratif Kak!

shares |

6 Ayat Alqur'an Tentang Pasangan Hidup Ini Wajib Kamu Tahu! - Pasangan hidup adalah orang yang akan bersama kita mulai dari kita menjalin hubungan (pernikahan) sampai dengan kita nanti menutup usia, semoga. Kita semua juga pasti mengharapkan agar kita bisa langgeng bersama dengan pasangan kita sampai tutup usia kelak.
6 Ayat Alqur'an Tentang Pasangan Hidup Ini Wajib Kamu Tahu!


Seperti yang kita telah ketahui bersama bahwa yang diciptakan oleh Allah SWT itu saling berpasangan. Sebagai contohnya bahwa ada siang dengan malam, gelap dengan terang, laki-laki dengan perempuan, langit dengan bumi dan masih banyak contoh lainnya juga. Seperti halnya laki-laki dengan perempuan, setiap dari diri kita juga telah diciptakan dan ditakdirkan untuk saling berpasangan. Bagi yang masih jomblo pasti bertanya-tanya, siapa pasangan hidupnya kelak? :)

Yah, terkait dengan pasangan hidup bagi yang masih menjomblo ini masih jadi rahasia Allah SWT. Dan kita akan tahu ketika nanti kita sudah menikah. Di sini bagi yang masih jomblo pasti penasaran ya, pasangan hidupnya kelak akan seperti apa? Jodohnya kelak seperti apa? :)

Sobat, untuk menjawab pertanyaan penasaranmu itu, maka Allah telah berfirman dalam Kitab suci Alqur'an. Seperti apa sajakah firman-firman Allah yang ada dalam Alqur'an? Mari kita pelajari satu persatu 6 ayat Alqur'an tentang pasangan hidup, jodoh menurut Islam.

Simak Langsung, 6 Ayat Alqur'an Tentang Pasangan Hidup yang Sangat Inspiratif Ini


Oya kawan, sebelumnya jangan sampai kamu salah memilih pasangan hidup ya, terutama bagi kamu jomblowan, jangan sampai salah memilih wanita untuk menjadi pasangan hidupmu. so, kamu mesti baca juga tentang ciri-ciri wanita yang baik menurut Islam ini.

1. QS An Nur: 26

Artinya: "Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keri untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), Sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula),. Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka meperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (syurga)."

Fokuslah pada perbaikan diri, jadikan dirimu manusia yang berkualitas, niscaya engkau akan Allah berikan sosok yang berkualitas juga. Jangan gampang mengeluh mengapa tak juga menemukan sosok ideal yang kamu cari, karena bisa jadi dirimu sendiri yang kurang banyak ikhtiar dalam melakukan perbaikan diri.

2. QS An Nahl: 72

Artinya: "Dan Allah menjadikan bagimu pasangan (suami istri) dari jenis kamu sendiri dan menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu serta memberimu rizki dari yang baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?"


Carilah jodoh dengan cara cara yang dihalalkan. Jauhi segala bentuk kemusyrikan yang di benci Allah. Pada dasarnya setiap kita sudah ada jodohnya, hanya bagaimana cara kita bertemu jodoh mau menjadi pahala atau dosa buat kita. Dan dari pernikahan itu nanti Allah kasih banyak limpahan riski dari Arah yang tidak disangka sangka. Tugas kita terus beriman kepada Allah dan bersyukur.

3. QS Ar Rum: 21

Artinya: "Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dia menjadikan adiantara kamu rasa kasih dan sayang. sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kamu yang berpikir."

Allah berikan cinta yang sejati yang menentramkan HANYA SESUDAH DILAKSANAKAN AKAD PERNIKAHAN. Cinta semua diluar pernikahan, tak akan pernah membuat hidupmu jadi tentram. Yakinlah pada Allah, ketika memang jodoh, makan akan dipertemukan. Jauhi maksiat dalam bentuk pacaran, HTS, TTM atau segala bentuk lainnya. Ketika jodoh, pasti jadi dan bertemu di pelaminan.

4. QS Al Furqan: 74

Artinya: "Dan orang-orang yang berdoa: "Wahai Tuhan kami jadikanlah istri-istri dan anak-anak kami orang-orang yang shalih. Jadikanlah anak keturunan kami suri tauladan bagi orang-orang yang shalih."

Doa merupakan instrumen utama yang menjadi sebab kita bisa diberi rejeki oleh Allah berupa istri dan anak yang shalih. Maka jangan pernah putus kita sebagai orang tua untuk meminta dan berdoa kepada Allah. Tak ada kebahagiaan melebihi memiliki istri dan anak yang shalih. Tentram rumah karenanya, bahagia di akhirat karenanya.

5. QS al Baqarah: 221

Artinya: "Wahai kamu mukmin, janganlah kalian menikahi wanita-wanita musyrik kecuali mereka telah beriman. Budak perempuan mukmin sungguh lebih baik daripada perempuan musyrik, sekalipun perempuan musyrik itu menyenangkan hati kalian. Janganlah kalian menikahkan perempuan-perempuan mukmin dengan laki-laki musyrik sampai mereka beriman. Budak laki-laki mukmin sungguh lebih baik daripada seorang laki-laki musyrik, sekalipun laki-laki musyrik itu menyenangkan hati kalian. Orang-orang musyrik mengajak kalian berbuat dosa, sedangkan allah mengajak kalian beramal shalih dan mendapatkan pengampunan-Nya dengan petunjuk-Nya. Allah telah menjelaskan dengan rinci syariat-Nya kepada manusia, supaya mereka mengerti perbedaan pernikahan yang halal dan haram."

surat di al quran mengenai jodoh, Ayat Al Quran mengenai Pasangan Hidup jodoh


Islam tidak mengijinkan pernikahan dengan orang musyrik walau semenarik apapun mereka. Mau cantik mau ganteng, kalau mereka musyrik bahkan budak yang papa yang muslim jauh lebih baik adanya. Karena, pasangan hidup sangat menentukan nanti pola ibadahmu sebagai pasangan juga masa depan anakmu kelak. Tetap nekat memilih pasangan musyrik, rugi di dunia juga di akhirat. Tak akan pernah beruntung orang yang sombong, sudah tahu Allah melarang tetap nekat melewatinya.

6. QS An Nisaa: 23

Artinya: "Diharamkan atas kamu (menikahi) ibu-ibumu, anak-anakmu yang perempuan, saudara-saudaramu yang perempuan, saudara-saudara ayahmu yang perempuan, saudara-saudara ibumu yang perempuan, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang laki-laki, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang perempuan, ibu-ibumu yang menyusui kamu, saudara-saudara perempuanmu yang sesusuan, ibu-ibu istrimu (mertua), anak-anak perempuan dari istrimu (anak tiri) yang dalam pemeliharaanmu dari istri yang telah kamu campuri, tetapi jika kamu belum campur dengan istrimu itu (dan sudah kamu ceraikan), maka tidak berdosa kamu (menikahinya), dan (diharamkan bagimu) istri-istri anak-anak kandungmu (menantu), dan (diharamkan) mengumpulkan (dalam pernikahan) dua perempuan yang bersaudara, kecuali yang telah terjadi pada masa lampau. Sungguh Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." 

Islam memberikan batasan yang jelas dan kuat mengenai siapa saja yang padanya kita bisa menikahinya. Ada banyak hikmah dalam pembatasan di atas. Seperti agar terpelihara kualitas keturunan yang baik serta persaudaraan yang semakin erat satu sama lain. Bahkan, islam berikan solusi perceraian ketika berbagai langkah damai dilakukan tetap belum ketemu solusinya, tak usah dipaksakan jika memang sudah tak bisa disatukan. 


Demikianlah 6 ayat alqur'an tentang pasangan hidup. Semoga bisa memberikan semagat terutama bagi kamu para jomblowan jombowati untuk segera menjemput pasangan hidupnya, menjemput jodohnya, tentunya dengan cara yang baik ya. Nantikan juga pembahasan tentang ciri-ciri jodoh menurut Islam ya, semoga bisa dibahas di kesempatan selanjutnya.. :)

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment