Si Kecil Mogok Makan? 3 Resep Makanan Bayi 6 Bulan Pertama Ini Wajib Kita Coba!

shares |

Setelah si Kecilku udah berusia 6 bulan, alhamdulillah lega rasanya bisa menerapkan ASI ekslusif 6 bulan penuh. Alhamdulillah bayiku udah berusia 6 bulan. Setelah usianya 6 bulan ini, aku pun masih terus menyusuinya, karena ASI memang makanan terbaik buat bayi, bukan yang lain. Dengan perkembanganya yang menginjak 6 bulan ini maka ia pun sudah memulai berlatih makan selain ASI, mengingat perkembangan motoriknya yang semakin aktif, sehingga butuh sumber tenaga yang lebih dibandingkan kemarin. So, aku pun berusaha cari tahu bagaimana membuat resep makanan bayi 6 bulan, dan coba aku sharekan di sini ya terkait Resep Makanan Bayi 6 Bulan Pertama Ini Wajib Kita Coba! 

Sebelum aku mencari tahu tentang membuat resep makanan bayi 6 bulan pertama, aku sudah di dikasih wejangan nih sama temanku yang sudah punya pengalaman duluan, secara anaknya sudah berusia 2 tahun. Pesannya singkat aja sih, "Hari, pokoknya besok kalau sudah lepas ASI eksklusif 6 bulan pertama, dirimu sebisa mungkin buat makanan pendamping ASI sendiri. Usahakan sesibuk apapun kamu tetap buat sendiri. Karena akan berdampak besok ketika mereka sudah berusia sekitar 2 tahun kurang. Pengalamanku sama Nafid (nama anaknya), dia sejak awal aku buatkan MPASI sendiri, sekarang dia kalau makan malah minta-minta, tidak pernah tak paksa."

Dari pesannya itu aku baru tahu, ternyata MPASI lebih baik dibuat sendiri, tidak langsung beli bubur instan yang banyak dijual di pasaran. Aku pun tanya-tanya bagaimana caranya buat MPASI sendiri, bagaimana caranya membuat resep makanan bayi 6 bulan ke atas? Bagaimana caranya membuat resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi?

Ehm, karena dulu belum pernah terbayang sama sekali apa MPASI, dan cara membuatnya, secara babyku masih berusia 1 bulan waktu itu. Dia pun menjelaskan kalau MPASI itu ada tingkatan-tingkatan pembuatannya. Pertama membuat bubur dengan rasa hambar tapi dicampur dengan ASI kita, kedua bubur hambar aja tanpa dicampur apa-apa, ketiga baru setelah usia 8 bulan kenalkan dengan garam, keempat usia 9 bulan kenalkan rasa manis atau gula.

Setelah babyku 6 bulan, maka aku ingat lagi tu pesan temen baikku tersebut. Selain itu juga coba-coba searching terkait membuat resep makanan bayi 6 bulan pertama. Ternyata oh ternyata pesan dari temenku itu banyak benarnya lho.

3 Resep Makanan Bayi 6 Bulan Pertama Ini Wajib Kita Coba!


Yah, aku pun mulai menerapkan hal-hal tersebut. Di sini aku sekedar membagi Resep Makanan Bayi 6 Bulan Pertama Ini. Setelah kemarin sempat berbagi terkait dengan nutrisi ibu hamil trisemester pertama dan 6 jurus cara menata dapur sempit kecil agar rapi, sekarang saatnya kita bahas tentang resep makanan bayi 6 bulan yang sehat.

1. Resep Nasi Tim Saring

Resep nasi tim saring ini juga bisa disebut dengan resep bubur tim bayi 6 bulan. Kerena kondisinya setelah disaring jadi seperti bubur.

Resep Makanan Bayi 6 Bulan Pertama Ini Wajib Kita Coba!

Bahan
20 gram beras
625 ml air
25 gram ikan gurami, cincang
4 kuntum brokoli yang diiris atau suwir-suwir agak halus

Cara membuat nasi tim saring
  • Masak beras dan air hingga mendidih. tambahkan ikan gurami cincang.
  • Rebus sambil terus diaduk sehingga menjadi bubur.
  • Tambahkan brokoli, hingga sayuran matang.
  • Setelah dingin bisa disaring dengan saringan kawat.

 2. Resep Bubur Susu Bayi 6 Bulan

Resep bubur bayi 6 bulan pertama ini harus benar-benar diperhatikan. Seperti yang disampaikan di atas, bubur bayi 6 bulan adalah bubur susu. Susu di sini bisa susu formula atau ASI. Namun, jika bayi kita telah melalui ASI eksklusif saya sarankan pakai ASI. Karena bagaimanapun juga ASI jauh lebih baik daripada susu formula. Dan di sini yang aku gunakan adalah ASI, sesuai dengan pengalamanku dulu.

Resep Masakan Bayi Usia Dibawah 1 Tahun Apa saja

Bahan
20 gram tepung beras putih atau beras merah atau kacang hijau
300 ml air
ASI secukupnya

Cara membuat bubur susu bayi 6 bulan

  • Campur tepung beras dengan air, aduk-aduk hingga rata.
  • Rebus campuran tepung dan air sampai matang, sambil terus diaduk sampai mengental menjadi bubur (agar encer terlebih dahulu).
  • Angkat dan dinginkan sebentar.
  • Sebelum disajikan bubur dicampur dengan ASI, beri beberapa tetes ASI, bisa 5 tetes, sesuai kebutuhan dan sajikan pada bayi.
Tujuan dicampur dengan ASI di sini adalah mengenalkan rasa makanan pada bayi 6 bulan pertama. Makanan yang dikenalkan pertama setidaknya tidak langsung makanan murni, namun tetap diberi ASI walaupun sedikit. Di sini bayi beralih dari rasa ASI tiap hari ke bubur susu ASI jadi tidak kaget. Selain itu juga bubur yang dibuat agak encer sebagai tahapan dari makanan pokok ASI ke MPASI agar bayi tidak mengalami sembelit.

3. Resep Pure Kentang Untuk Bayi 6 Bulan

Cara membuat pure kentang untuk bayi 6 bulan sangatlah mudah dan praktis.

Alternatif Masakan Bayi usia dibawah 2 tahun apa saja

Bahan
1 butir kentang rebus lengkap dengan kulitnya.
100ml air matang
ASI secukupnya

Cara Membuat pure kentang untuk bayi 6 bulan

  • Kupas kentang yang telah direbus.
  • Campur dengan air matang,
  • Haluskan dengan blender atau saringan kawat
  • Campur dengan ASI beberapa tetes (bisa 5 atau 6 atau 7 tetes) sesuai selera.
  • Siap disajikan.
Yah, itulah pengalamanku dalam membuat Resep Makanan Bayi 6 Bulan Pertama. Memang resep disengaja aku variasi, agar si kecil tidak bosan dan gizi si kecil tetap terpenuhi. Yang perlu kita perhatikan semua terkait dengan tahapan pemberian MPASI. Pertama bubur yang dicampur ASI dan agak encer, selanjutnya setelah 10 hari dulu aku beri nasi tim hambar atau bubur hambar sampai babyku berusia sekitar 8 bulan, baru masuk ke bulan 8 si kecil baru aku kenalkan dengan rasa asin. Hal ini bertujuan agar kelak anakku tidka pilih-pilih makanan.

Selamat mencoba ya bunda semua. Bunda juga bisa mencari resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi di tempat lain, atau bisa berkonsultasi dengan ahli gizi di posyandu atau di puskesmas terdekat, demi si kecil tersayangnya tentunya. Ingat disharekan ke rekan rekanmu, supaya mereka juga mendapatkan solusi :).


Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment