Bagi Yang Belum Nikah, Inilah 7 Keuntungan Menikah Muda Dalam Islam.

shares |

Bagi yang belum nikah, inilah 7 keuntungan menikah muda dalam Islam - Sahabat Blognya Keluarga Sakinah, mengingat masa muda dulu, masa remaja, masa sebelum memiliki pendamping hidup, rasanya bebas sekali, bisa berbuat sekehendak hati. Namun dibalik kebebasan itu, rasa kesepian melanda tiap malam hari. Karena kalau siang sudah terobati dengan aktivitas dan kegiatan bersama teman-teman. Kalau sudah malam, kesepian ini menjadikan pikiran melayang-layang tak jelas entah kemana.

Tak hanya itu saja, ternyata kegalauan selalu melanda, tanpa kami sadari. Dengan pengalaman tersebut, makanya kali ini kami sedikit berbagi pengalaman dan menguraikan apa aja sih keuntungan menikah muda dalam Islam? apakah nikah muda itu baik?

keuntungan menikah muda dalam islam, keuntungan menikah secara psikologis, manfaat menikah di usia muda

Seperti pengalaman muda dulu yang pernah kami rasakan bahwa, segala kegalauan, kesepian kami biarkan melanda karena adanya ketakukan untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Walaupun kami sendiri menikah masih termasuk dalam usia muda juga. Dan hal ini kami rasa wajar, karena dalam ikatan pernikahan ada segala konsekuensi yang harus dilakukan. Namun, tahukah Anda, segala konsekuensi yang mungkin dirasa oleh beberapa orang sebagai beban, terdapat limpahan pahala yang tak terhitung.

Segala ketakutan dimana kita kelak setelah menikah harus benar-benar menjadi manusia mandiri, tidak bisa bergantung lagi kepada orang tua kita. Masing-masing dari kita mempunyai tanggung jawab dan pekerjaan yang bertambah besar. Jika kita laki-laki maka kita harus mencukupi nafkah lahir dan batin istrinya, jika kita perempuan, maka kita harus pintar-pintar dalam mengelola segala kehidupan rumah tangga, harus selalu siap siaga 24 jam melayani keluarga kita, suami kita dan anak-anak kita.

Belum lagi ketika kita telah menikah kelak, maka tuntutan ekonomi demi memenuhi kehidupan bermasyarakat juga semakin banyak. Selain itu juga ketika setelah menikah nanti Allah langsung karuniakan anak, apakah kita sudah benar-benar siap sebagai seorang ayah, sebagai seorang ibu? Dan tentunya segala tuntutan ekonomi setelah mempunyai anak juga akan mengikutinya.

Yah, hal itu adalah wajar dan lumrah bagi semua pemuda dan pemudi saat ini. Namun seperti yang kami sampaikan di atas bahwa, semua hal itu ternyata tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan segala pahala yang akan kita peroleh. Selain itu juga ada banyak keuntungan dan manfaat lain yang kita peroleh setelah kita menikah. Apa saja keuntungan menikah muda dalam Islam? Keuntungan menikah secara psikologi? Manfaat nikah muda bagi perempuan? Manfaat menikah menurut Islam? Manfaat menikah di usia muda? Temukan jawabanya di bawah ini.

1. Lebih Terjaga Dari Dosa

Yah, dengan menikah muda, maka bisa lebih menjaga kita dari dosa. Karena saat masih muda biasanya lebih mudah tergoda oleh syaitan dan saking pintarnya syaitan menggoda manusia sesuai dengan tingkatan-tingkatan iman masing-masing. Untuk remaja atau pemuda yang sudah kuat imannya saja masih banyak yang tergoda dengan rayuan syaitan, yang paling sering melanda mereka adalah tidak mampunya mereka menundukkan pandangan.

Rasulullah Sallalahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Pandangan merupakan anak panah beracun dari anak-anak panah iblis. Maka barang siapa yang menahan pandangannya dari kecantikan seorang wanita karena Allah, niscaya Allah akan mewariskan rasa manis dari hatinya sampai hari pertemuan dengan-Nya." (HR. Al-Hakim)
"Wahai sekalian anak muda, barangsiapa diantara kalian yang sudah mampu, maka sebaiknya ia menikah. Karena menikah  akan lebih menjaga pandangan (dari yang haram) juga menjaga kesuciannya."
Tidak hanya itu saja, mereka yang sudah kuat imannya juga bisa tergoda syaitan dengan hal yang lebih lagi. Itu saja bagi mereka para pemuda yang sudah kuat imannnya, apalagi bagi mereka yang masih dalam masa untuk memperdalam ilmu agama atau yang masih awam. Poin pertama ini sebagai salah satu manfaat menikah diusia muda.

2. Mudahnya Mencari Pahala Allah

Keuntungan menikah muda dalam Islam yang kedua adalah mudahnya mencari pahala Allah. Sudah banyak diungkapkan bahwa setiap kegiatan dan aktivitas yang dilakukan suami istri itu bernilai ibadah yang besar di sisi Allah. Ketika kita tersenyum kepada saudara muslim dinilai sebagai sedekah, apalagi senyumnya suami istri kepada satu sama lain.

Bagi suami, sesuap nasi dari nafkah suami kepada istrinya juga dinilai sebagai sedekah, apalagi ini untuk nafkah yang begitu banyak dan nafkah lahir maupun batinnya. Belum lagi saat bercinta (bersenggama) antara suami dan istri selain ada kenikmatan yang mereka rasakan, ini juga berpahala di hadapan Allah. Itu hanya contoh-contoh sederhana saja, dan masih banyak sekali pahala yang mudah sekali diperoleh setelah menikah. Selain itu sebagai seorang wanita, akan banyak sekali kemuliaan yang diperoleh setelah menikah.


3. Mendapatkan Ketenangan Hidup

Manfaat menikah muda selanjutnya adalah kita akan mendapatkan ketenangan hidup. Seperti yang sudah kami sampaikan di atas bahwa sebelum kita menikah, saat malam tiba hampir selalu rasa sepi dan galau itu menyerang. Maka dengan kita menikah, telah memkiliki pendamping hidup, maka kegalauan itu pun tidak akan menyerang lagi.

Allah berfirman dalam QS. Ar-Rum: 21 yang artinya:
"Di antara tanda-tanda kebesaran-Nya adalah Dia menciptakan untuk kalian istri-istri dari jenis kalian sendiri, supaya kalian merasa tenang karena mereka, dan Dia jadikan diantara kalian mawaddah dan rahmah. Sungguh pada demikian itu terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berfikir."
Baca juga tentang 7 CARA MENCARI PASANGAN HIDUP YANG BAIK MENURUT ISLAM.

4. Lebih Puas Dalam Bercinta

Ketika sama-sama masih muda, ini akan bisa merasakan kepuasan tersendiri dalam bercinta. Karena akan sangat berbeda ceritanya ketika mereka sudah berumur. Mereka yang masih muda bisa mengaplikasikan berbagai hal dalam bercinta, berbeda dengan yang sudah berumur. Poin keempat ini sebagai manfaat menikah bagi pria dan sebagai manfaat menikah muda bagi perempuan.

5. Saat Terbaik Untuk Saling Berbagi

Kondisi sama-sama muda ini juga menimbulkan perasaan untuk saling pengertian yang lebih besar. Ikatan pernikahan dari 2 insan yang berbeda karakter dan kepribadian perlu suatu keadaan yang saling menerima satu sama lain. Saat masih muda ini keadaan saling menerima, saling berbagi satu sama lain akan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan mereka yang sudah berumur. Karena mereka yang sama-sama sudah berumur biasanya sama-sama mempunyai ego yang lebih besar.

Jadi masa muda ini adalah waktu yang pas untuk saling belajar menerima satu sama lain, saling berbeagi satu sama lain. Dalam kondisi ini juga akan menjadikan keduanya semakin dewasa dan lebih menghormati satu sama lain, karena masing-masing menyadari akan kekuranganya. Yah, ini adalah sebagai salah satu keuntungan menikah secara psikologis.

6. Stamina Dan Vitalitas Yang Prima

Stamina dan vitalitas yang prima hanya bisa kita dapatkan dalam keadaan kita muda. Kondisi tubuh yang prima ini akan sangat mendukung sekali dalam kita melakukan berbagai aktivitas dalam berumah tangga, sebagai contoh saja saat bercinta (bersenggama). Proses reproduksi akan diperoleh hasil yang maksimal jika stamina dan vitalitas mereka prima, tentunya hanya di usia muda proses terbaik ini bisa diperoleh.

Belum lagi bagi mereka yang perempuan, kondisi kehamilan yang membutuhkan tenaga prima hanya bisa didapatkan di usia muda. Karena keadaan hamil ini menuntut calon si ibu harus benar-benar prima dan sehat. Selain itu juga keadaan persalinannya juga harus dipersiapkan kondisi tubuh yang prima. Hal ini sebagai salah satu  manfaat nikah muda bagi perempuan. Perlu diingat juga bahwa stamina dan vitalitas yang prima hanya bisa didapat dalam pernikahan muda.

7. Mendapatkan Pasangan Terbaik

Jika kita mau mendapatkan pasangan terbaik, maka segeralah untuk menikah. Karena mereka yang berusia muda rata-rata akan mencari pasangan yang masih muda juga bukan pasangan yang sudah berumur. Usia masih muda bisa dimaksimalkan untuk mendapatkan pasangan yang sesuai dengan kriterianya. Berbeda dengan mereka yang sudah berumur, karena sudah berumur terkadang ada sebagian dari mereka yang kurang sesuai dengan kriteria, tapi karena terkejar dengan usia, mereka menerima saja.

Walaupun memang jodoh itu sudah disediakan dan diatur oleh-Nya, tetapi kita juga harus berusaha sehingga kita bisa mendapatkan pasangan terbaik menurut Allah. Pasangan yang bisa membawa kita semakin dekat dengan-Nya dan semakin mendekatkan kita dengan surga-Nya. Aamiin.. :) Untuk mendapatkan pasangan hidup terbaik bisa kita baca di PENGERTIAN TA'ARUF DALAM ISLAM DAN TATA CARA TA'ARUF DALAM ISLAM.

Demikianlah 7 keuntungan menikah muda dalam Islam yang bisa kita ambil dan terapkan, tentunya bagi yang masih jomblo ya. Ayo, segera hilangkan prasangka yang meragukan dan segala kegalauan itu dengan segera menikah. Dan ternyata, isu tentang kerugian menikah muda hampir tidak bisa kita temukan, yang ada hanya segala manfaat menikah di usia muda.

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

1 comments

  1. assalmualaikum..
    kak, kami sudh berpcarn krg lebih 4th, sebnrnya kmi ign menyegerakanya. namun, sy terkendala krn kuliah. scr finansial sy sdh bekrja sbg karywan tetap diperusahaan swasta.
    sy sdh bicra dg ibu, klo sy ign menyegerakan, namun ibu berkilah nunggu setelah kuliah selesai sj. biar sdh mapan uagnya. skrg klo nikha gasik uagya buat kuliah jg buat istri. pusig. bicaranya selallu realistis. sbnrnya sy s7 dg pndpat ibu sy, tapi sy pny pkiran klo telah menikah insyaAllah rejeki bertambah dn lbh berkah.
    yg ign sy tanyakan, bagimana sy bisa merayu ibu sy? dan merayu bapk dr pihak wanita agr membolehkan kami?

    ReplyDelete