Waw, Langkah-Langkah Dan Cara Mencuci Baju Dengan Mesin Cuci Ini Benar-Benar Memahamkan.

shares |

Bunda shalihah pembaca setia Blognya Keluarga Sakinah, ngomong-ngomong masalah pekerjaan rumah tangga sebagai seorang istri dan ibu itu ternyata sampai tak terhitung. Jika kita masih sebagai seorang istri saja belum diamanahi anak, pekerjaan rumah tangga masih bisa dikatakan selesai. Namun ketika kita sudah diamanahi seorang anak, bahkan ada mempunyai beberapa anak balita, rasanya tidak ada kata selesai buat pekerjaan rumah tangga. Yah, 24 jam harus non stop siap selalu melayani keluarga khususnya buat yang jadi ibu rumah tangga pyur. Salah satu pekerjaan yang bisa tergantikan oleh alat atau mesin adalah mencuci baju. Sehingga kami merasa perlu menulis artikel yang berjudul Waw, Langkah-Langkah Dan Cara Mencuci Baju Dengan Mesin Cuci Ini Benar-Benar Memahamkan.
cara mencuci dengan mesin cuci, cara mencuci baju dengan mesin cuci, cara menggunakan mesin cuci otomatis

Ehm, jadi teringat dahulu kala waktu pertama kali dibelikan mesin cuci oleh suami. Ketika itu suami menuntut untuk belajar sendiri, mencoba-coba sendiri tentang cara mengoperasikannya. Sekedarmencoba-coba sih kita bisa aja ya, cuma terkadang ada rasa takut kalau-kalau nanti keliru pencet malah rusak. Itu dulu perasaan yang kami rasakan. Namun suami tetap memberi motivasi untuk mencoba belajar sendiri walaupun dengan menerka-nerka.

Masih ingat ketika harus belajar membaca buku petunjuknya yang berbahasa inggris itu. Dengan teliti dan hati-hati dibaca satu persatu walaupun tidak begitu paham bahasa inggris sih, tetapi tetap coba menelaah apa maksud dari tulisan banyak itu. Yah, karena dulu waktu masih di bangku sekolah jujur aja salah satu pelajaran yang tidak diminati adalah pelajaran Bahasa Inggris. Bukan karena gurunya, namun karena memang dipelajari berulang-ulang masih sering keliru, nampaknya karena memang bakat kami bukan di dana, dan termasuk tipikal orang yang lemah dalam bidang bahasa.

Wah, jadi curhat kemana-mana ini bunda. Tapi boleh dong cerita-cerita gini, sesekali. Memang penggunaan mesin cuci sangat membantu sekali dalam mengurangi pekerjaan rumah tangga. Bayangkan saja, ketika kita harus mencuci sendiri membutuhkan waktu setengah jam paling tidak. Jika cucian ita numpuk beberapa hari bisa sampai 1 jam sendiri. Namun ketika kita menggunakan jasa mesin cuci ini selain kita sudah terkurangi pekerjaan mencuci itu, kita juga bisa memanfaatkan waktu buat mencuci itu dengan melakukan pekerjaan lain, misalnya memasak, mengurus anak, dan lain-lain. Sungguh sangat membantu sekali keberadaannya.

Cara Mencuci Baju Dengan Mesin Cuci

Yang jadi pertanyaan di sini adalah bagaimana sih cara mencuci dengan mesin cuci?
Bagaimana cara mencuci baju dengan mesin cuci? Bagaimana cara menggunakan mesin cuci otomatis? Bagaimana cara menggunakan mesin cuci satu tabung? Bagaimana cara menggunakan mesin cuci elektrolux? Bagaimana cara menggunakan mesin cuci 2 tabung? Bagaimana cara menggunakan mesin cuci Samsung? Bagaimana cara menggunakan mesin cuci LG? Bagaimana cara menggunakan mesin cuci Sharp? Yuk kita lihat pembahasannya di bawah ini.

Langkah-langkah dan Cara mencuci baju dengan mesin cuci

1. Pisahkan terlebih dahulu pakaian yang membuat luntur dengan pakaian lainnya. Selanjutnya pisahkan pula antara selimut atau handuk dengan pakaian biasa.

2. Periksa dengan teliti tiap-tiap pakaian. Apakah ada uang koin, bros atau kawat yang masih ada, jika ada maka harus kita keluarkan dari kantong atau dipisahkan dari pakaian tersebut. Karena jika sampai ada koin atau bros atau peniti atau kawat yang masuk ke dalam lubang saluran bawah akan menjadikan mesin cuci rusak. Walaupun ada sebagian besar mesin cuci yang ketika terdapat benda-benda asing akan tersingkirkan di suatu tempat sendiri. Pengalaman seorang teman yang memakai mesin cuci Elektrolux, mesin cucinya rusak gara-gara tersangkut kawat kecil dari baju.

Baca juga tentang 10 TIPS CERDAS CARA MENYIASATI RUMAH KECIL SEMPIT INI.

3. Kancingkan tiap-tiap baju dan resleting serta balik untuk baju atau kaos yang bersablon. Hal ini bertujuan agar kancing baju dan resleting baju serta sablon tetap awet walaupun dicuci menggunakan mesin cuci. Pengalaman pribadi karena sering tidak mengkancingkan baju-baju tersebut, jadi tidak tahan lama kancing bajunya, mudah lepas.

4. Sambungkan mesin cuci  dengan listrik atau tancapkan kabel colokan mesin cuci. 

5. Pastikan saluran air mesin cuci tidak tersumbat dan terpasang dengan benar dan untuk saluran bawah sudah berada pada tempatnya, artinya ketika nanti beroperasi, mesin cuci membuang air tidak mengalir kemana-mana, sudah pas di saluran air yang telah ditentukan.

6. Siapkan atau taruh deterjen pada tempatnya di meisn cuci. Kami sarankan agar memilih deterjen yang memang digunakan untuk mencuci di mesin cuci. Agar mesin cuci lebih awet.

7. Langkah menjalankan mesin cuci
Cara menggunakan mesin cuci otomatis dan cara menggunakan mesin cuci 1 tabung seperti di bawah ini.
a. Pilih tombol menu dalam mesin cuci. Tiap mesin cuci biasanya berbeda tapi pada intinya sama, karena ada mesin cuci berbahasa inggris ada yang berbahasa indonesia.
b. Tekan tombol "on/off" dilanjutkan dengan pilihan menu Custome, Delicate, Heavy, Blanket atau Normal.
c. Tekan tombol "Start". Mesin cuci siap menjalankan perintah.
d. Setelah proses selesai mesin cuci otomatis akan memberikan tanda sendiri, dengan bunyi yang berbeda-beda.
Custome itu sendiri adalah segala macam pakaian masuk, untuk heavy dicuci dengan lebih lembut artinya untuk pakaian-pakaian yang tidak begitu kotor. Blanket jelas untuk mencuci selimut. Sedangkan tombol normal untuk mencuci dengan tidak otomatis, tiap langkah dalam mencuci seperti mencuci (wash), membilas (rinse), mengeringkan (spin) harus kita operasikan ulang. Cukup tekan tombol masing-masing dilanjutkan dengan tombol "start". Ini berlaku untuk mesin cuci satu tabung.

Sedangkan cara menggunakan mesin cuci Elektrolux, cara menggunakan mesin cuci Samsung, cara menggunakan mesin cuci Sharp, dan cara menggunakan mesin cuci LG seperti hal di atas, asalkan memang merupakan mesin cuci yang 1 tabung. Bunda cerdas, nampaknya informasi tentang 4 MAKANAN PENAMBAH BERAT BADAN BALITA ini juga cukup penting dan wajib kita baca.

Untuk mesin cuci 2 tabung sendiri bagaimana? Yah, cara menggunakan mesin cuci 2 tabung  ini sebenarnya seperti menggunakan mesin cuci yang tidak otomatis. Setiap langkah harus dioperasikan ulang, namun ada beberapa perbedaan, karena kita harus memindahkan baju yang dicuci dari tabung satu ke tabung lainnya.
Langkah-langkahnya sendiri adalah sebagai berikut:
a. Isi air terlebih dahulu di tabung utama.
b. Setelah air cukup, pilih tombol "wash" atau putar dengan memilih waktu untuk mencuci.
c. Pencucian selesai, dilanjutkan dengan pengeringan di tabung satunya yang lebih kecil atau tabung khusus pengeringan, putar dan pilih waktu pengeringan. Jadi dilangkah ini kita harus memindahkan baju tersebut dari tabung utama ke tabung kedua atau tabung pengeringan Ketika pengeringan ini air dalam tabung utama otomatis juga dikelurkan.
d. Proses pembilasan, baju dimasukkan kembali ke tabung utama dan diisi air secukupnya, putar dan pilih waktu membilas.
e. Selesai proses pembilasan dilanjutkan dengan proses pengeringan di tabung kedua atau tabung pengeringan. Air di tabung pembilasan juga akan keluar sendiri selama pengeringan ini berlangsung. Kita tunggu aja, selanjutnya tinggal kita jemur.

Demikianlah Langkah-langkah dan Cara Mencuci Baju Dengan Mesin Cuci. Dari penjelasan di atas kita tentunya jadi tahu bagaimana cara mencuci dengan mesin cuci, cara menggunakan mesin cuci otomatis, cara menggunakan mesin cuci satu tabung, cara menggunakan mesin cuci elektrolux, cara menggunakan mesin cuci 2 tabung, cara menggunakan mesin cuci Samsung, cara menggunakan mesin cuci LG, dan cara menggunakan mesin cuci Sharp. Semoga bisa bermanfaat dan bisa dijadikan referensi dalam mencuci baju menggunakan mesin cuci. Sehingga kita tidak perlu ragu dan takut lagi untuk mencuci menggunakan mesin cuci. Oya bunda, temukan tips-tips dan cara-cara lainnya hanya di BlognyaKeluargaSakinah.Blogspot.Com.






Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment