4 Contoh Mahar Pernikahan Unik Dalam Islam Ini Sungguh Inspiratif.

shares |

Sahabat muda semua sahabatnya Blognya Keluarga Sakinah, makin semangat aja ketika kita membahas terkait dengan pernikahan. Setelah kemarin-kemarin kami mensharingkan tentang hal-hal dalam pernikahan yang ternyata pengunjungnya semakin banyak, kali ini kami pun membahas tentang 4 Contoh Mahar Pernikahan Unik Dalam Islam Ini Sungguh Inspiratif. Nampaknya keinginan mereka yang masih jomblo untuk segera menikah semakin besar, hehe. So, bagi kamu yang masih jomblo, semoga segera dipertemukan dengan jodohnya, sehingga bisa segera menikah. Aamiin.. :)
mahar pernikahan, mahar pernikahan unik, mahar pernikahan yang baik

Ehm, ini ngomongnya jadi ngelantur ke mana nih, padahal tujuan awalnya mau bahas terkait dengan contoh mahar pernikahan unik. Yah, setelah teman-teman kemarin sempat mempelajari tentang Tips Mempersiapkan Penikahan Murah, Hemat, Sederhana dan Berkesan serta apa saja sih syarat wali nikah dan Wali Dalam Pernikahan, yang tak kalah pentingnya ini juga tentang mahar pernikahan.

Mahar dalam pernikahan yang biasa disebut dengan mas kawin itu adalah salah satu syarat sahnya suatu pernikahan. Mahar pernikahan ditentukan oleh mempelai wanita, yang selanjutnya harus dipenuhi oleh mempelai pria. Buat kamu-kamu para wanita, bebas menentukan dan memilih mahar sesuai dengan apa yang kamu sukai dan kamu butuhkan.

Yang harus diperhatikan dalam memilih dan menentukan mahar adalah mahar ditentukan sesuai dengan kadar kemampuan dari calon suami atau mempelai prianya. Islam sendiri mengajarkan bahwa tidaklah boleh kita meminta mahar yang memberatkan sang pria. Namun mempelai pria juga harus memberikan mahar sebaiknya yang kadarnya pantas dan yang memang dibutuhkan.

Dalam Islam sendiri tidak menentukan besarnya mahar yang harus diberikan. Dalam Islam membebaskan mahar yang diberikan, bisa berupa uang, barang atau bahkan bisa berupa hafalan Al-Qur'an dari sang pria. Dalam banyak riwayat menyebutkan bahwa mahar pernikahan Nabi Muhammad sendiri kepada Khadijah adalah 20 ekor unta. Sedangkan mahar pernikahan Nabi Muhammad kepada 'Aisyah dan istri-istri lainnya sebesar 500 dirham.

Contoh Mahar Pernikahan Unik Dalam Islam

Begitulah penjelasan singkat terkait dengan mahar pernikahan dalam Islam. Sedangkan mahar pernikahan unik yang bisa dijadikan referensi dan pilihan dalam menentukan mahar pernikahan bisa kita simak di bawah ini. Yah, karena memang zaman sekarang, kebanyakan mereka mencari yang unik-unik. Seperti apa saja contoh mahar pernikahan unik tersebut? Seperti apa saja contoh mahar pernikahan dalam Islam? Seperti apa saja mahar pernikahan yang baik? Ayok, intip di bawah ini bersama-sama.

1. Figura Masjidil Haram

contoh mahar pernikahan dalam islam, mahar pernikahan dalam islam, mahar pernikahan nabi muhammad
Contoh mahar pernikahan unik dalam islam yang pertama adalah figura masjidil haram. Kami sengaja memberikan contoh yang pertama adalah suatu figura bentuk Masjidil Haram atau Ka'bah. Di sini ada makna tersendiri yang perlu dipahami. Kami jelaskan singkatnya seperti ini, setelah menjadi suatu figura, biasanya akan dipasang di dinding atau tembok yang strategis terutama ini foto ka'bah. Ini akan menjadikan orang-orang dalam rumah tersebut atau penghuninya untuk selalu memandang dan menikmatinya.

Dari hal tersebut, maka gambar dan sosok suatu ka'bah selalu berada pada pikiran para penghuninya atau seluruh anggota keluarganya. Karena memang figura terpasang di dinding atas yang mudah untuk dilihat. Semakin tajam gambaran ka'bah dalam pikiran, maka akan semakin mendukung mimpi-mimpi untuk ke ka'bah dalam mewujudkannya. Yah, itu suatu teori psikologi yang pernah kami dengar dan kami baca. Karena ternyata mereka yang telah menunaikan ibadah haji adalah benar-benar mendapat panggilan dari Allah, menjadi tamu Allah. Kami yakin, kita semua menginginkan menjadi tamu Allah di masjidil haram sana. Aamiin.. :)

2. Figura Masjid

Contoh mahar pernikahan dalam islam yang kedua adalah suatu figura masjid. Kenapa figura lagi? Untuk hal ini alasan masih sama dengan yang di atas, karena memang figura itu tempatnya di tempelkan di dinding atas dan memungkinkan kita untuk selalu memandangnya. Kedudukan pertama setelah masjidil haram adalah masjid, ini ada makna tersendiri dibaliknya.

Seperti apa maknanya? Yah, makna dari kami bahwa masjid itu adalah rumah Allah, dengan figura tersebut ini akan memungkinkan para penghuninya untuk selalu merindukan masjid, hatinya selalu terkait di masjid. Sekedar mengingatkan saja bahwa, salah satu orang yang dijamin masuk syurga adalah pemuda yang hatinya selalu terkait dengan masjid. Hal ini akan melahirkan anak-anak dan generasi yang selalu rindu akan masjid. Aamiin.. :)

3. Buku

contoh mahar pernikahan unik, contoh mahar pernikahan dalam islam, mahar pernikahan yang baik

Contoh mahar pernikahan yang baik yang ketiga adalah buku. Seperti yang kita tahu bahwa buku adalah jendela ilmu. Dari buku kita bisa mendapatkan ilmu-ilmu baru, kita bisa belajar berbagai hal. Dengan kita semakin banyak ilmu maka akan menjadikan kita untuk lebih berhati-hati terutama dalam mengambil tindakan maupun dalam bertutur kata. Karena semakin tinggi kelimuan seseorang, dia cenderung akan semakin rendah hati dan lemah lembut serta sopan.

Untuk buku ini teman-teman bisa memilih buku apa saja yang sesuai dengan kebutuhan ilmu yang teman-teman butuhkan. Beberapa diantara mereka ada yang memilih untuk meminta kamus bahasa arab, kitab haji dan umrah, dan beberapa kita lainnya. 

4. Hafalan Al-Qur'an

Contoh mahar pernikahan dalam islam yang selanjutnya adalah hafalan Al-qur'an. Ketika kita mengajukan mahar pernikahan suatu hafalan Al-qur'an kepada calon mempelai pria, dan ternyata calon tersebut menyanggupinya, maka hal ini menunjukkan bahwa kepribadian dan karakternya dia bagus. Dia termasuk orang yang rajin dan senantiasa mendekatkan diri pada Allah SWT, karena terbukti dari hafalan qur'an dia. 

Selain itu juga, orang-orang yang menghafal Al-qur'an cenderung bisa mengontrol emosinya, sabar dan lemah lembut. Sehingga laki-laki seperti ini adalah laki-laki yang pantas kita jadikan imam, yang kelak akan membawa kita untuk lebih dekat dengan Allah dan selanjutnya kita bisa lebih mudah masuk ke dalam Jannah-Nya. Aamiin.. :)

Yah, demikianlah 4 Contoh Mahar Pernikahan Unik Dalam Islam yang bisa kita jadikan referensi dalam memilih dan menentukan mahar pernikahan. Namun yang lebih penting dari mahar pernikahan tersebut adalah calon idtri atau suami kita adalah orang yang bagus keimannnya, orang yang sholeh dan sholihah. Untuk mendapatkan jodoh yang benar-benar sholeh atau sholihah maka seharusnya kita mensholehkan diri kita terlebih dahulu. Teman-teman bisa baca 6 Ayat Al-qur'an Tentang Pasangan Hidup ini juga hanya di BlognyaKeluargaSakinah.Blogspot.Com.

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment