4 Poin Persiapan Sebelum Menikah Menurut Islam Ini Wajib Kita Penuhi Terlebih Dahulu.

shares |

Sahabat muda pembaca setia Blognya Keluarga Sakinah, membahas tentang 4 Poin Persiapan Sebelum Menikah Menurut Islam Ini Wajib Kita Penuhi Terlebih Dahulu, jadi teringat waktu-waktu dahulu tentang persiapan diri sebelum menikah. Yah, waktu itu karena memang penetuan hari H dengan khitbah hanya sekitar dua bulanan sampai 3 bulan, jadi segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan cepat dan cermat. 
persiapan sebelum menikah menurut islam, persiapan diri sebelum menikah, persiapan sebelum acara pernikahan

Waktu yang singkat tersebut lebih kami fokuskan pada persiapan sebelum acar pernikahan saja. Seperti halnya tentang persiapan undangan, tempat, baju, alat-alat, catering, dan lain-lain, tanpa terpikir untuk mempersiapkan diri sebelum pernikahan. Tapi alhamdulillahnya waktu itu ada teman yang mengingatkan tentang mempersiapkan diri sebelum pernikahan. Yah, walaupun sekitar satu mingguan sebelum pernikahan baru disiapkan, tetapi setidaknya masih dipersiapkan, walaupun memang sangat jauh dari sempurna.

Seperti yang kita tahu bahwa menjelang acara pernikahan kita, keluarga dan calon mempelai biasanya sibuk mempersiapkan acara pernikahan. Rata-rata sang mempelai wanita sibuk memilih baju pengantin yang akan dikenakan, sang mempelai laki-laki sendiri sibuk memilih hantaran-hantaran yang akan dibawa pada acara pernikahan kelak serta mendata teman-teman yang akan diberi undangan. Hal itu yang biasanya dilakukan oleh sebagian besar orang dalam persiapan sebelum menikah. Baca juga tentang bagaimana mempersiapkan acara pernikahan dengan murah, hemat dan berkesan di artikel Waw, 7 Tips Mempersiapkan Pernikahan Murah Hemat Sederhana Dan Berkesan Ini Sungguh Bermanfaat.

Tapi tahukah Anda bahwa semua itu adalah hal sampingan saja yang harus kita persiapkan. Karena toh semua itu akan dipersiapkan oleh keluarga kita, saudara kita tanpa harus kita persiapkan sendiri saja bisa. Atau kita bisa sewa EO untuk mempersiapkan semuanya itu. Selanjutnya apa yang lebih penting untuk kita persiapkan?

Yah, dari semua itu ternyata ada hal yang jauh lebih penting untuk kita persiapakan, dan itu harus kita sendiri yang mempersiapkannya, tidak bisa diwakilkan. Karena memang kita sendiri yang akan mengalaminya, kita yang akan melalui masa-masa ijab qobul tersebut, kita yang akan menjalani kehidupan baru tersebut, calon mempelai wanita dan laki-laki yang ahrus mempersiapkan sendiri.

4 Poin Persiapan Sebelum Menikah Menurut Islam

Oke sobat, sebenarnya apa saja sih persiapan-persiapan yang harus kita persiapkan sendiri itu? Apa saja sih persiapan sebelum menikah menurut Islam? Apa saja persiapan diri sebelum menikah? Apa saja persiapan sebelum menikah untuk wanita dan persiapan sebelum menikah untuk laki-laki? Di sini kami sampaikan ada 4 poin yang harus disiapkan oleh kedua mempelai sebelum menikah, ada 4 poin persiapan sebelum menikah menurut Islam.

1. Persiapan Ilmu

Persiapan sebelum menikah menurut Islam yang pertama adalah persiapan ilmu. Islam telah mengatur berbagai ilmu tentang pernikahan, baik ilmu tentang pra nikah, waktu acara pernikahan maupun pasca nikah. Untuk ilmu pra nikah Nabi Muhammad telah memberikan contoh-contoh bagaimana menjadi pribadi yang baik agar mendapatkan pasangan yang baik pula. Selain itu juga ilmu tentang khitbah, penentuan mahar, penentuan waktu akad nikah dan lain-lain telah diajarkan dalam Islam. Terkait dengan Tata Cara Pernikahan Dalam Islam bisa dibaca DISINI.

Dalam mengadakan acara pernikahan juga telah dicontohkan dan diajarkan dalam Islam. Selanjutnya ilmu tentang pasca nikah sering diabaikan oleh sebagian besar orang. Seperti sunnah-sunnah setelah akad nikah bagi kedua mempelai, bagaimana memulai malam pertama, bagaimana tugas dan kewajiban sebagai seorang istri, tugas dan kewajiban sebagai seorang suami semua telah diatur dalam Islam. Dan ketika kita tahu ilmunya maka semuanya, semua aktivitas, waktu yang dilewati bersama akan menjadi ibadah. Mereka yang berilmu akan dilipatkan pahalanya daripada yang tidak berilmu. Jika keadaan demikian, sungguh sayang para calon mempelai jika mau menikah tidak mempersiapkan ilmunya terlebih dahulu.

2. Persiapan Mental

Persiapan diri sebelum menikah yang kedua adalah persiapan mental. Yah, jangan dikira ketika kita mau menikah itu tidak perlu persiapan mental. Ehm, nampakanya semua akan baik-baik saja ya? Namun tahukah Anda bahwa persiapan mental ini sangat diperlukan dalam persiapan sebelum menikah, baik dalam persiapan sebelum menikah untuk wanita maupun persiapan sebelum menikah untuk laki-laki.

Ketika kita telah menikah, maka kita akan memulai hidup baru bersama dengan pasangan kita yang telah Allah ciptakan buat kita. Pasangan kita, istri atau suami kita adalah orang asing yang belum pernah kita hidup bersamanya. Jika selama ini sebelum menikah kita tahunya hal-hal yang baik-baik saja dari pasangan kita, maka janganlah kaget nanti ketika sudah menikah hal-hal atau kebiasaan buruk dari pasangan kita mulai terlihat satu per satu.

Selain itu juga karakter wanita sangat berbeda dengan karakter laki-laki. Jika biasanya laki-laki itu berpikir simpel dan apa adanya, maka janganlah kaget jika seorang istri atau wanita itu sangat mudah membawa perasaan di setiap momen dan waktu. Jadi janganlah kaget jika tahu-tahu nanti istri Anda setelah tersenyum hanyalah hal kecil saja dia terbalik langsung menangis. Begitu juga sebaliknya, kita seorang istri beranggapan suatu hal yang sangat penting, namun bagi mereka laki-laki itu hanyalah hal sepele saja dan dianggap wajar bagi mereka. Dengan keadaan seperti ini, kita harus mempersiapkan mental yang baik dan menata hati serta emosi yang bagus.

3. Persiapan Spiritual

Persiapan sebelum menikah menurut Islam yang ketiga adalah persiapan spiritual. Yah, setelah kita menemukan calon pasangan kita, maka hendaknya sebagai calon mempelai wanita dan calon mempelai laki-laki semakin mendekatkan diri kepada Allah. Hal ini sebagai bentuk rasa syukur terhadap apa yang Allah karuniakan, terhadap ketetapan Allah karena telah dipertemukan dengan pasangannya. Setidaknya kita lebih menambah amalan-amalan sunnah bukannya malah semakin jauh dari Allah. Dengan pembiasan amalan-amalan sunnah ini bisa kita terapkan kelak ketika sudah hidup bersama, sehingga bisa melaksanakan amalan sunnah bersama pasangan kita. Wah, sungguh romantisnya.

Namun hal yang sering terjadi di masyarakat, mereka yang telah menemukan calon pasangan hidupnya terkadang malah mengurangi amalan-amalan sunnahnya karena sibuk dengan mempersiapkan acara pernikahannya dalam hal teknis. Mereka menjadi semakin jauh dari Allah karena persiapan acara pernikahan yang menuntut untuk sempurna. Hal ini janganlah sampai terjadi pada diri kita. Dengan kita semakin jauh dari Allah karena hal dunia ini akan merugi buat kita nanti di kemudian hari.

4. Persiapan Fisik

 Persiapan diri sebelum menikah menurut Islam yang terakhir adalah persiapan fisik. Persiapan fisik ini terutama dalam hal kesehatan. Tak ada salahnya kita mengecek kesehatan kita terlebih dahulu. Selain itu juga bagi wanita dan laki-laki hendaknya selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi, menghentikan minum alkohol dan merokok. Baik kedua calon mempelai seharusnya mengkonsumsi makanan yang mengandung empat bintang seperti makanan yang mengandung karbohidrat, sayuran, buah dan lauk-pauk. Dalam hal ini terutama diperbanyak sayuran hijau, buah-buahan dan lauk-pauk dari protein hewani.

Hal tersebut bertujuan sebagai persiapan sebelum menikah agar cepat hamil. Ketika kesehatan tubuh dicek semua sudah baik dan diimbangi dengan asupan makanan yang bergizi akan menjadikan kualitas sperma dan sel telur bagus. Keadaan tubuh calon ibu kelak ketika mengandung juga baik dan tubuh siap untuk hamil. Karena ketika hamil wanita harus benar-benar dalam keadaan baik dan bagus kesehatannya, agar janin yang dikandung berkembang dengan baik dan calon ibunya tetap sehat selalu selama hamil. Yah, dua hal penting itu yang harus dipenuhi dalam persiapan sebelum menikah agar cepat hamil.

Demikianlah 4 Poin Persiapan Sebelum Menikah Menurut Islam yang seharusnya dipenuhi oleh kedua calon mempelai sebelum menikah. Semoga kita bisa memenuhinya terutama bagi yang sedang mempersiapkan pernikahannya. Namun tetap berusaha agar persiapan-persiapan teknis lainnya tetap berjalan lancar dan tentunya memperhatikan kaidah dan aturan dalam syariat Islam saat menjalankan acar pernikahan tersebut. Sehingga acara pernikahan dipenuhi dengan berkah dan rahmat Allah SWT. Aamiin.. :)

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

1 comments