Waspadai 7 Penyebab Keguguran Pada Awal Kehamilan Ini.

shares |

Wahai istri shalihah dan semua calon bunda pembaca Blognya Keluarga Sakinah, tentu kita akan merasa senang ketika kita tahu bahwa kita positif hamil. Wanita mana sih yang tidak senang ketika sudah berkeluarga ternyata kehamilan yang ditunggu-tunggu itu datang juga. Apalagi jika ini adalah kehamilan pertama, betapa senangnya. Sebagai calon ayah pun pasti juga senang mendengar hal ini. Namun untuk kehamilan pertama, kita harus berhati-hati. Kita harus tahu apa saja sih 7 Penyebab Keguguran Pada Awal Kehamilan itu?

penyebab keguguran pada awal kehamilan, makanan penyebab keguguran, penyebab keguguran hamil 1 bulan, penyebab keguguran hamil muda

Jika dari pengalaman pribadi, masih ingat sekali waktu itu ketika positif hamil, sampai-sampai tes peck uji kehamilan itu kami abadikan dengan memfotonya di sebuah HP. Yah, wajarlah karena waktu itu adalah kehamilan yang pertama, selain itu juga sebelumnya kami telah menunggu-nunggu selama kurang lebih 1 tahun. Jadi betapa gembiranya ketika telah mulai dimanahi janin dalam kandungan. Ehm, jadi curhat kemana-mana ini, hehe.. :)

Kami merasa perlu untuk mencoba sharing bersama terkait dengan penyebab keguguran pada awal kehamilan ini. Karena akhir-akhir ini, kira-kira 1 sampai 2 tahun terakhir ini di daerah kami sendiri banyak kasus keguguran yang menimpa calon ibu muda, artinya ini untuk kehamilan pertamanya. Kurang tahu juga secara pasti penyebabnya apa, entah karena memang kandungannya lemah atau kondisi kesehatan calon ibu atau karena virus atau faktor lainnya.

Ketika calon ibu telah mengalami keguguran apalagi untuk kehamilan pertama, biasanya mereka diminta untuk tidak hamil dulu sekitar 1 tahun. Hal ini menjadikan keinginan untuk segera punya momongan jadi semakin lama. Tapi memang itu aturan dari kesehatan. Selama menunggu itu juga seharusnya calon ibu mempersiapkan fisik dan kesehatan dengan sebaik-baiknya. Sehingga untuk kehamilan yang selanjutnya tidaklah terjadi hal demikian.

7 Penyebab Keguguran Pada Awal Kehamilan

Melihat kondisi demikian, maka perlu kiranya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja sih penyebab keguguran pada awal kehamilan? Apa saja makanan penyebab keguguran? Apa saja penyebab keguguran hamil 1 bulan? Apa saja penyebab keguguran hamil muda? Apa saja minuman penyebab keguguran? Dan apa saja obat penyebab keguguran? Di sini akan kami coba urai satu per satu.

1. Kondisi Rahim

Penyebab keguguran pada awal kehamilan yang pertama adalah faktor kondisi rahim. Untuk rahim yang kuat maka keguguran jarang ditemukan, namun untuk kondisi rahim yang lemah, akan sangat banyak ditemukan kasus keguguran ini. Hal ini lebih banyak ditemukan pada ibu-ibu muda. Mereka yang baru pertama kali hamil jika mengalami keguguran, biasanya disebabkan karena faktor rahim yang lemah. Tapi ada beberapa juga karena faktor-faktor lainnya. Baca juga tentang 3 Jurus Jitu Cara Mengatasi Masuk angin Pada Ibu Hamil ini.

2. Faktor Kesehatan Ibu

Penyebab keguguran pada awal kehamilan yang kedua adalah karena faktor kesehatan ibu. Kondisi kehamilan membutuhkan tubuh dan kesehatan yang prima terutama bagi si ibunya. Jika kondisi kesehatan ibu terganggu, maka kondisi janin yang ada dalam kandungannya juga akan bermasalah. Maka dari itu sangatlah penting buat si ibu mempersiapkan kondisi tubuh semenjak sebelum menikah, agar bisa cepat hamil nanti setelah menikah. Adapun Persiapan Sebelum Menikah Bagi Wanita Menurut Islam bisa kita baca DISINI.

3. Faktor Penyakit Tertentu

Penyebab keguguran pada awal kehamilan yang ketiga adalah adanya penyakit tertentu yang diderita oleh si ibu. Penyakit yang biasanya berpengaruh terhadap keguguran saat hamil adalah penyakit yang masih berhubungan dengan rahim. Sebagai Contohnya ada penyakit kista, mioma, kanker rahim. Penyakit yang berhubungan dengan rahim ini sebagai penyebab keguguran hamil 1 bulan dan penyebab keguguran hamil muda. Tetapi ada penyakit-penyakit lainnya yang justru tidak berhubungan dengan rahim, tetapi berpengaruh terhadap keguguran janin. Diantaranya ada HIV/AIDS, diabetes, epilepsi, hipertensi, jantung bawaan, asma.

 4. Faktor Usia

Penyebab keguguran pada awal kehamilan yang keempat adalah karena faktor usia si ibu. Usia ini mempunyai pengaruh terhadap kondisi janin yang ada dalam kandungan. Adapun usia-usia rawan kehamilan seorang ibu adalah usia dibawah 20 tahun dan di atas 40 tahun. Ini berdasarkan informasi dari kesehatan yang kami dapat. Namun pada kenyataannya ibu hamil yang usianya lebih dari 40 tahun, tidak sedikit pula yang baik-baik saja. Semua itu kembali kepada kondisi kesehatan masing-masing ibu. Tetapi mereka tetap harus lebih waspada dan lebih esktra dalam menjaga kesehatan tubuh dan janinnya. Adapun tentang makanan penambah HB bisa di baca di 5 Makanan Penambah HB Ibu Hamil Yang ampuh Dan Cepat ini.

5. Faktor Infeksi

Penyebab keguguran pada awal kehamilan yang kelima adalah adanya infeksi yang terjadi pada si ibu. Infeksi yang menyebabkan keguguran diantaranya ada infeksi Toxoplasma, rubella, cytomegalovirus (CMV), Herpes simplex tipe II. Semua wanita berpotensi mengidap infeksi ini. Namun dengan penerapan pola hidup sehat bisa menghindari infeksi virus ini.

6. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Penyebab keguguran pada awal kehamilan yang keenam dikarenakan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Itulah kenapa ketika kita hamil kita harus berhati-hati dalam mengkonsumsi obat. Saat penyakit datang ketika hamil, kita harus berkonsultadi terlebih dahulu terhadap dokter sebelum kita mengkonsumsi obatnya. Adapun obat penyebab keguguran diantaranya ada antibiotik (berupa tetrasiklin, streptomisin, chloramphenicol, ciprofloxacin), obat antikoagulan, obat anti cemas dan anti depresan, obat tiroid, metformin, vaksin rubella dan vaksin varicella, obat anti kanker, obat anti malaria, obat migrain (seperti Imitrex, Propanolol, Ergots, dan Triptans).

7. Gaya Hidup

Penyebab keguguran pada awal kehamilan yang ketujuh adalah karena faktor gaya hidupnya. Gaya hidup yang tidak sehat akan berpengaruh terhadap janin yang ada dalam kandungan. Gaya hidup tidak sehat ini seperti mengkonsumsi minuman beralkohol, merokok, narkotika atau menggunakan obat-obat terlarang lainnya. Gaya hidup yang tidak sehat juga berupa kurangnya kebersihan lingkungan bisa memicu adanya infeksi.

Gaya hidup yang tidak sehat juga berupa makan dan minum yang asal tidak memperhatikan efek sampingnya. Karena ternyata ada makanan dan minuman yang menjadi pantangan orang hamil. Karena makanan dan minuman tersebut menyebabkan keguguran. Adapun minuman penyebab keguguran diantaranya ada minuman beralkohol, minuman berenergi, minuman yang banyak mengandung teh hijau, minuman yang tidak dipasteurisasi. Sedangkan makanan penyebab keguguran ada nanas, pepaya muda, ikan yang terkontaminasi, daging mentah, pegagan, buah durian.

Demikianlah 7 Penyebab Keguguran Pada Awal Kehamilan yang harus kita tahu, yang akan menjadikan kita lebih berhati-hati. Sehingga tidak akan ada lagi penyebab keguguran hamil muda dan penyebab keguguran hamil 1 bulan. Dengan begitu kehamilan akan baik-baik saja dan sehat selalu sampai nanti bayinya lahir. Aamiin.. Oya bunda, baca juga tips-tips dan informasi yang bermanfaat lainnya hanya di BlognyaKeluargaSakinah.Blogspot.com.


Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment