Bunda Tidak Perlu Panik, Inilah 5 Cara Menurunkan Demam Pada Bayi Secara Alami

shares |

Bunda shalihah, masih ingat masa-masa ketika anak kita sakit? Entah itu sakit demam atau panas, gigi, batuk pilek maupun sakit-pada sakit ringan lainnya. Teringat masa-masa si kecil sakit, pikiran adanya galau, kalut, bingung dan sedih merasa bersalah. Waktu itu pengalaman pertama jadi orang tua, pengalaman pada anak kami yang pertama yang masih bayi dimana usianya saja belum genap 30 hari, dia sudah sakit demam, batuk, pilek. Kepanikan, kebingungan kami ini mendorong kami untuk mensharekan tentang Bunda Tidak Perlu Panik, Inilah 5 Cara Menurunkan Demam Pada Bayi Secara Alami.

cara menurunkan demam pada bayi secara alami, cara menurunkan demam pada bayi baru lahir, cara menurunkan panas pada bayi secara alami

Bayangkan saja di usia dia yang masih kecil gitu, harus merasakan betapa susahnya bernafas dengan lega, hidungnya harus tersumbat yang sebelumnya diawali dengan demam. Apalagi ini adalah waktu-waktu kami harus menyesuaikan diri, menyesuaikan keadaan dengan kehadiran si kecil namun ternyata dia harus sakit, tak tega melihatnya. "Andai saja, sakit ini bisa digantikan, biarlah aku saja yang sakit, anakku jangan sakit", itu rintihan dan jeritan hati kecil ini. Sempat juga tertetes air mata waktu itu dan sempat harus melewati masa-masa pertengkaran dengan suami, karena sama-sama bingung, panik, jadi saling menyalahkan, ego masih sama besarnya.

Ehm, jadi curhat kemana-mana nih bun.. Oya, membicarakan masalah demam, kita semua tahu bahwa hampir semua penyakit diawali dengan demam terlebih dahulu. Mulai dari sakit batuk, pilek, sakit gigi, sariawan, cacar dan lain-lain. Jadi kita sebagai orang tua wajar saja kalau merasa khawatir dan panik saat anak kita terserang demam.

Di satu sisi perlu kita tahu bahwa demam ini sebenarnya adalah upaya perlawanan diri terhadap suatu virus atau penyakit yang datang. Jadi bersyukurlah ketika anak kita masih demam atau panas sebelum dia benar-benar sakit. Daya tahan tubuhnya masih bagus, perlawanan terhadap hal asing yang masuk ke tubuhnya masih bagus. Walaupun akhirnya kalau memang virus atau hal asing itu yang lebih kuat dari tubuh anak kita, anak kita tetap akan sakit. Namun jika perlawanan jauh lebih bagus atau hal asing itu cuma sedikit, makin melemah, anak kita tidak jadi sakit.

Yang jadi kendala di sini ketika anak kita demam sudah 3 hari berturut-turut namun tetap tidak berhenti, malah makin panas dan tinggi demamnya. Selain itu juga ketika panasnya sampai 38,5 derajat dan tidak turun-turun kita harus waspada. Namun jika panasnya masih di bawah angka tersebut maka kita tidak perlu panik dan bingung. Tidak perlu ada tindakan medis, tidak perlu kita buru-buru bawa ke rumah sakit, bisa kita atasi dengan cara alami. Apalagi ketika bayi baru lahir atau bayi kita belum ada 1 tahun, biasanya masih mudah diatasi.

Oke bunda, selanjutnya apa saja sih cara menurunkan demam pada bayi secara alami? Cara menurunkan demam pada bayi baru lahir? Cara cepat menurunkan demam? Cara menurunkan panas pada anak? Cara menurunkan demam pada anak secara alami? Cara menurunkan panas pada bayi secara alami? Cara menurunkan demam pada bayi 1 tahun? Kita bahas bersama di sini.

1. Perbanyak Minum dan ASI

Yah, ketika anak kita demam, bayi kita demam maka kita harus memperbanyak memberikan minum. Ketika bayi kita masih ASI, maka sebaiknya diberi ASI yang makin banyak dari hari biasanya. Karena ASI adalah obat atau makanan serta minuman yang paling bergizi. Dalam ASI terdapat banyak gizi dan nutrisi yang dibutuhkan saat anak sakit, selain itu juga terdapat zat detoksifikasi dalam menangkal penyakit atau hal asing yang masuk.
cara menurunkan demam pada anak secara alami, cara menurunkan panas pada bayi secara alami, cara menurunkan demam anak secara tradisional

Untuk balita yang sudah tidak ASI maka bisa memperbanyak segala macam minuman, bisa air putih, susu, air madu, jus buah dan jenis minuman lainnya. Selain itu juga usahakan untuk memberikan makan dengan sayur berkuah. Dengan memperbanyak minum ini akan membuat intensitas pipis si kecil makin sering. Panas atau demam dalam tubuhnya dia akan ikut keluar atau sedikit demi sedikit terkurangi dan keluar bersama urin. Hal ini adalah salah satu cara menurunkan demam pada bayi 3 bulan, cara menurunkan demam pada bayi 5 bulan, cara menurunkan demam pada bayi  bulan, cara menurunkan demam pada bayi 1 tahun.


2. Diberi Minyak Telon + Irisan Bawang Merah

Cara cepat menurunkan demam pada bayi baru lahir yang selanjutnya adalah memberikan minyak telon yang dicampur dengan  irisan bawang merah dioleskan ke seluruh tubuh bayi, baik ke perutnya, punggungnya, leher, sampai dengan telapak kakinya. Olesan minyak telon yang dicampur dengan irisan bawang merah ini akan menghangatkan badan si kecil, sehingga demam atau panas sedikit demi sedikit akan berkurang.

Baca juga tentang 5 CARA MENGATASI BAYI REWEL DI MALAM HARI INI AMPUH UNTUK MENENANGKAN BAYI KITA.

3. Dimandikan Menggunakan Air Hangat

cara menurunkan demam anak secara tradisional, mengobati demam pada bayi, cara menurunkan demam pada bayi 1 tahun.

Cara menurunkan demam pada bayi secara alami yang ketiga adalah dengan memandikannya menggunakan air hangat. Anak kami biasa kami mandikan dengan air hangat dan tingkat panasnya sedikit ditambah dari biasanya akan sedikit mengurangi panas pada suhu tubuhnya. Karena mandi air hangat ini seperti dengan mengompres seluruh tubuhnya dengan air hangat. Hal ini juga sebagai salah satu cara menurunkan demam anak secara tradisional, dan juga cara menurunkan demam pada anak secara alami.

Bunda pernah mengalami si kecil susah BAB? Tak perlu panik bun, simak artikel yang satu ini, STRESS SI KECIL SUSAH BAB? AMALKAN 5 JURUS JITU BALITA SUSAH BUANG AIR BESAR INI.

4. Dijemur Di Bawah Sinar Matahari

 Cara menurunkan panas pada bayi secara alami yang keempat adalah dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari. Si kecil, bayi kita yang habis lahir atau sudah berusia 3 bulan atau 5 bulan ataupun sudah 7 bulan bisa kita jemur di bawah sinar matahari pagi, bisa sebelum jam 8 pagi. Pengalaman kami sendiri waktu bayi kami masih berusia 1 bulan sering kami jemur di bawah sinar matahari pagi saat dia demam dan batuk pilek dahulu, dan alhamdulillah bisa terkurangi panas suhu tubuhnya, walaupun tidak secara instan, berangsur-angsur terkurangi sedikit demi sedikit.

Kami masih ingat sekali, saat anak kami berusia 2 tahun yang waktu itu sedang demam juga, kebetulan suami lagi tidak dirumah, segala cara alami dicoba setelah turun panasnya, tahu-tahu panas lagi, seperti itu terus sampai beberapa kali. Akhirnya yang terakhir kami jemur di bawah sinar matahari sore jam 4 sore, sambil kami ajak jalan-jalan, walaupun anaknya sebenarnya tidak mau, tetapi kami hibur dengan jalan-jalan dan cerita-cerita sampai sekitar 10 - 15 menit. Alhamdulillah setelahnya berangsur-angsur turun panasnya dan tidak panas lagi.

5. Kompres Dengan Air Hangat

cara cepat menurunkan demam, cara menurunkan demam pada bayi 3 bulan, cara menurunkan panas pada anak

Cara cepat menurunkan demam pada bayi secara alami adalah dengan mengkompresnya menggunakan air hangat. Kompres lebih baik ditaruh di bagian ketiak bayi namun bisa juga ditaruh di dahinya. Kompres dengan waktu yang cukup ini akan bisa menurunkan suhu tubuh si kecil. Namun kebanyakan untuk anak-anak atau bayi kita agak susah dikompres dengan air hangat ini, mereka merasa risih. Hal ini bisa dicoba saat si kecil tidur, namun terkadang jadi malah membangunkan dia.

Yah, itulah 5 Cara menurunkan demam pada bayi secara alami. Dengan cara-cara ini bunda tidak perlu panik dan bingung saat si kecil demam. Bunda tidak perlu panik dan segera membawanya ke dokter, karena dengan cara-cara alami ini bisa menurunkan demam anak kita. Yang perlu jadi catatan, karena ini adalah cara alami, bunda harus lebih bersabar mengobatinya. Karena jika kita beri obat dokter maka segera bereaksi obatnya, secara instan panasnya turun, namun ketika kita pakai cara alami butuh waktu sedikit demi sedikit turun panasnya.

5 cara menurunkan demam pada bayi secara alami di atas hanya sekedar pengalaman dari penulis saja. Jika bunda ada cara lainnya bisa menambahkannya dan bisa diterapkan oleh si kecil. Sehingga kita bisa berbagi bersama-sama demi kesehatan bayi kita, kesehatan anak kita. Cara-cara mengobati, cara mengatasi sakit pada anak kita bisa tetap menggunakan cara alami, demi kesehatan anak kita ke depan. Dapatkan tips-tips lainyya hanya di BlognyaKeluargaSakinah.Blogspot.com

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment