Inilah 5 Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil Yang Harus Kita Tahu

shares |


Bunda semua dan calon bunda yang ada di seluruh Indonesia pembaca Blognya Keluarga Sakinah, ketika kita bicara masalah kehamilan ada kebahagiaan tersendiri yang susah untuk diungkapkan dengan kata-kata. Hal ini terutama untuk para calon ibu yang sedang mengandung anak pertamanya. Karena kita tahu bahwa kehamilan adalah suatu anugrah tersendiri bagi seorang wanita, bagi seorang calon ibu. Titipan dan anugrah yang diberikan oleh Sang Maha Baik kepada hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Terkait dengan hal ini, terkait dengan kehamilan kami merasa perlu untuk sharing bersama tentang Inilah 5 Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil Yang Harus Kita Tahu.

buah yang baik untuk ibu hamil, buah yang dilarang untuk ibu hamil, jus buah yang baik untuk ibu hami

Ketika kita hamil, ketika seorang wanita sedang hamil maka segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Baik persiapan fisik calon ibu maupun persiapan kesehatan si janin. Seorang calon ibu harus mempunyai fisik yang baik dan selalu menjaga stamina serta kesehatannya. Karena jika si ibu fisiknya kurang baik atau dia mengidap penyakit tertentu maka akan berakibat yang tidak baik terhadap si janin. Ketika fisik tidak dipersiapkan dengan baik salah satu dampak negatifnya bisa terjadi keguguran. Adapun penyebab keguguran bisa dipelajari di artikel ini, 7 Penyebab Keguguran Pada Awal Kehamilan. Oleh sebab itu sangatlah penting bagi wanita untuk mempersiapkan fisik jauh-jauh hari sebelum dia hamil, sebelum dia menikah.

Persiapan fisik si ibu memang lebih baik dipersiapkan sebelum dia hamil. Tentunya selalu menjaga kesehatan dan stamina tubuh serta nutrisi yang dikonsumsi. Sehingga penerapan pola hidup sehat sangatlah dibutuhkan di sini. Namun sebagian besar wanita tidaklah menyadarinya jika semua itu lebih baik dipersiapkan sedini mungkin. Selanjutnya bagaimana jika ternyata kita sudah hamil tetapi baru menyadarinya? Yah, ketika sudah positif hamil, maka kita harus mengikuti pedoman dan anjuran dari bidan atau dokter kandungan tentang apa-apa yang terbaik buat kita. Ketika kita terserang amasuk angin, bisa diatasi dengan cara alami lho bun, seperti apa itu? Baca aja artikel yang satu ini, 3 Jurus Jitu Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Ibu Hamil Secara alami.

Di sini dalam menjaga stamina dan fisik seorang ibu hamil terutama dipacu dari nutrisi makanan yang dimakan oleh sang ibu. Makanan di sini berupa karbohidrat, sayuran, buah, lauk-pauk dan susu. Namun di sini kami akan lebih memfokuskan terhadap buah yang baik untuk ibu hamil. Pada dasarnya semua buah itu baik untuk ibu hamil, kecuali untuk buah yang dilarang untuk ibu hamil seperti durian, pepaya muda, nanas. Karena memang setiap buah mempunyai kandungan gizi yang berbeda-beda. 

5 Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil

Jadi sebenarnya buah yang baik untuk ibu hamil itu ada banyak sekali. Namun di sini kami akan membahas 5 buah yang baik untuk ibu hamil. Kenapa hanya lima buah saja? Yah, karena untuk 5 buah ini adalah buah yang terbaik untuk dikonsumsi ibu hamil sejak dia hamil muda sampai mau melahirkan. Jadi kelima buah ini baik dikonsumsi untuk semua usia kandungan. Kelima buah ini adalah buah yang baik untuk ibu hamil muda, buah yang bagus untuk ibu hamil 7 bulan, buah yang bagus untuk ibu hamil 2 bulan, dan juga buah untuk ibu hamil 1 bulan. Oke bunda semua, apa saja buah yang baik untuk ibu hamil itu? Apa saja buah yang baik untuk ibu hamil muda? Apa saja buah yang baik untuk ibu hamil 7 bulan? Apa saja buah yang bagus untuk ibu hamil 2 bulan itu? Ayuk lihat di bawah ini pembahasannya.

1. Alpukat

buah yang baik untuk ibu hamil, sayuran untuk ibu hamil, buah yang baik untuk ibu hamil muda

Buah yang baik untuk ibu hamil muda yang pertama adalah buah alpukat. Alpukat ini adalah salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil muda. Kandungan yang ada di dalam buah alpukat di antaranya ada asam folat, kalsium, vitamin A, C, E dan K, serta B1, B2 dan B6, zat besi, mengandung protein tinggi, lemah tak jenuh dan lemak nabati yang tinggi. Dari kandungan-kandungan tersebut kesemuanya sangat bermanfaat buat ibu hamil. Perlu diingat juga bahwa buah alpukat sangat enak juga lho ketika dibuat jus. Jadi jus alpukat adalah salah satu jus yang baik untuk ibu hamil.

Untuk asam folat sendiri sangat bagus untuk mencegah adanya cacat syaraf pada janin, dan juga mencegah bayi dari gangguan tulang. Kandungan kalsium sangat bermanfaat pada pertumbuhan dan perkembangan tulang janin. Untuk vitamin A baik untuk perkembangan mata janin dan baik untuk kesehatan mata si ibu. Vitamin C baik untuk penyerapan nutrisi dan menjaga daya tahan tubuh si ibu. Vitamin E mampu mengahsilkan hormon prolaktin yang baik buat ibu hamil. Vitamin K sendiri adalah berfungsi dalam pembentukan sel darah merah. Sehingga dengan vitamin K dan kandungan zat besi ini bisa mencegah anemia pada ibu hamil. Padahal kita tahu bahwa sebagian besar kasus ibu hamil adalah anemia. Sehingga buah alpukat ini merupakan buah yang baik untuk ibu hamil muda dan buah yang bagus untuk ibu hamil 7 bulan juga.

Baca juga tentang 5 Makanan Penambah HB Ibu Hamil Yang Ampuh Dan Cepat ini.

2. Apel

Buah yang baik untuk ibu hamil yang kedua ini adalah buah apel. Banyak sekali manfaat buah apel ini, baik untuk ibu hamil maupun untuk segala usia. Tak heran jika buah apel itu sangat bermanfaat untuk semua usia, karena dalam buah apel terkandung banyak gizi dan nutrisi penting bagi tubuh. Adapun kandungan gizi dalam buah apel diantaranya adalah energi, karbohidrat, gula, diet serat, lemak, protein, air, vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, asam pantotenat. Sebagian besar kandungan gizi pada buah apel telah dibahas manfaatnya buat ibu hamil di atas.

Selain dari pembahasan di atas manfaat buah apel lainnya bagi ibu hamil diantaranya mencegah adanya kerusakan DNA atau kecacatan pada janin, mengurangi resiko penyakit asma ketika janin kelak lahir, membantu pertumbahan dan perkembangan janin yang sehat, mengatasi morning sickness. Dari kandungan gizi dan manfaat tersebut sangat jelas bahwa buah apel ini adalah buah yang baik untuk ibu hamil, baik ibu hamil muda maupun hamil tua. Buah apel ini adalah buah yang baik untuk ibu hamil muda, buah yang bagus untuk ibu hamil 7 bulan, buah yang bagus untuk ibu hamil 2 bulan, dan buah untuk ibu hamil 1 bulan. Oya bunda, apel juga bisa dibuat jus, sehingga jus apel ini adalah salah satu jus yang baik untuk ibu hamil.


3. Buah Naga

buah yang dilarang untuk ibu hamil, jus buah yang baik untuk ibu hamil, buah yang bagus untuk ibu hamil 7 bulan

Buah yang baik untuk ibu hamil yang ketiga adalah buah naga. Siapa sangka kalau buah yang satu ternyata mempunyai banyak manfaat dan kandungan gizinya. Adapun kandungan gizi dalam buah naga diantaranya adalah mengandung serat tinggi, zat besi, asam folat, vitamin C, karbohidrat, anti oksidan, karoten, vitamin B1. Kita tahu bahwa semua kandungan gizi tersebut baik bagi ibu hamil. Ke semuanya bermanfaat untuk ibu hamil dan janin. Terutama untuk asam folat dan zat besi ini sangat baik untuk ibu hamil muda dan selama masa hamil berlangsung. Sehingga buah naga ini adalah salah satu buah yang baik untuk ibu hamil muda dan salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil 7 bulan. Jika bunda tidak begitu suka makan buah naga langsung, bisa dinuat menjadi jus. Jus buah naga ini adalah salah satu jus yang baik untuk ibu hamil.

4. Kurma

Buah yang baik untuk ibu hamil yang keempat adalah buah kurma. Buah dari daerah Arab ini mempunyai banyak sekali manfaat, baik untuk ibu hamil maupun untuk semua usia. Yah, karena buah ini mempunyai banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Setelah kami menelusuri, ternyata buah kurma ini mempunyai kandungan gizi yang tidak sedikit. Sehingga tidak heran jika buah kurma ini adalah salah satu buah yang baik untuk ibu hamil muda dan salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil 7 bulan bahkan sampai melahirkan. Tidak hanya sampai di situ saja lho, kandungan gizinya yang cukup banyak ini ternyata buah kurma juga baik untuk ibu menyusui.

Adapun kandungan gizi dari buah kurma diantaranya adalah air, energi, vitamin A, vitamin B1, protein, vitamin B1, karbohidrat, vitamin B2, serat, vitamin B3, gula, vitamin B5, lemak, vitamin B6, lemak jenuh, vitamin B9, vitamin B12, vitamin C, kolesterol, vitamin E, vitamin K, kalsium, zat besi, beta karoten, magnesium, fosfor, likopen, kalium, sodium, seng. Waw, ternyata banyak ya gizi dari buah yang satu ini. Jadi buat bunda semua atau calon ibu semua yang sedang hamil, saran kami selalu sediakan kurma di rumah. Bunda, ternyata kurma ini juga bisa dibuat jus lho, bisa diblender langsung atau dicampur dengan kacang almond. Manfaat dan khasiatnya tetap terjaga. Jadi jus kurma adalah salah satu jus buah yang baik untuk ibu hamil.

5. Pisang

buah yang baik untuk ibu hamil,  buah yang bagus untuk ibu hamil 2 bulan, buah untuk ibu hamil 1 bulan.

Buah yang baik untuk ibu hamil yang kelima adalah buah pisang. Buah pisang ini selain banyak gizinya juga mudah lho mendapatkannya. Karena hampir di seluruh kota kita bisa dengan mudah menemukan buah yang satu ini. Buah pisang mengadung banyak nutrisi diantaranya ada asam folat, kalori, kalsium, protein, fosfor, vitamin A, vitamin B1, lemak, karbohidrat, zat besi, vitamin C dan air. Adapun kegunaan buah pisang untuk ibu hamil diantaranya adalah membantu perkembangan saraf otak dan tulang janin, membantu pertumbuhan sistem saraf janin, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah anemia dan lain-lain. Fakta mencengangkan bahwa ternyata untuk buah pisang ambon sendiri mempunyai kandungan kalsium yang lebih tinggi daripada susu sapi.

Demikianlah 5 Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil yang Harus Kita Tahu. Kelima buah tersebut sangatlah baik dikonsumsi pada semua usia kehamilan, baik kehamilan muda sampai mau melahirkan. Jadi janganlah ragu untuk selalu menyediakan 5 buah di atas di rumah Anda. Selain punya banyak manfaat buat kita juga rasanya enak bukan? Tidak hanya itu saja, buah-buah tersebut juga mempunyai banyak manfaat buat semua anggota keluarga kita lho. Oke bunda, semoga kehamilannya sehat dan lancar sampai nanti melahirkan ya. Bunda, dapatkan tips-tips dan informasi kehamilan lainnya hanya di BlognyaKeluargaSakinah,Blogspot.Com.

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment