Trik, 4 Cara Mempercepat Kontraksi Agar Cepat Melahirkan Ini Perlu Dicoba.

shares |


Blog Keluarga Sakinah - Alhamdulillah, akhirnya bisa menulis lagi setelah beberapa hari ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan. Kali ini kami tertarik untuk menulis tentang Trik, 4 Cara Mempercepat Kontraksi Agar Cepat Melahirkan ini Perlu Dicoba. Yah, karena berdasarkan pengalaman kehamilan pertama dahulu ketika sudah mendekati HPL atau mendekati kelahiran, perasaan sungguh takut dan khawatir. Kami pun yakin untuk ibu-ibu muda yang baru pertama kali hamil pasti merasakan kekhawatiran dan takut juga. Dan tidak sedikit dari mereka yang karena rasa tidak yakin, karena rasa khawatir ini akhirnya mereka memilih untuk melahirkan dengan cesar. Mereka menganggap bahwa cesar adalah jalan yang tepat dan tanpa resiko. Padahal efek dari operasi cesar tersebut akan kita rasakan setelah melahirkan, setelah operasi.


cara mempercepat kontraksi agar cepat melahirkan, cara mempercepat persalinan sebelum tanggal perkiraan, cara mempercepat pembukaan kelahiran


Walaupun memang operasi cesar adalah jalan terbaik untuk proses melahirkan namun dengan adanya catatan-catatan tentunya. Ketika seorang ibu hamil tidak ada riwayat penyakit atau semua kehamilannya normal si ibu juga dalam kondisi sehat, maka sebaiknya diupayakan untuk bisa melahirkan dengan normal terlebih dahulu. Karena tidak sedikit ibu-ibu sekarang yang memilih melahirkan dengan operasi cesar walaupun mereka sebenarnya masih bisa mengupayakan dengan melahirkan normal. Mereka beranggapan bahwa operasi cesar itu tidak terlalu banyak resikonya. Yah, memang di awal sepertinya operasi cesar tidak ada resikonya, namun efek setelah operasi cesar tersebut yang beresiko dan lebih lama pemulihannya jika dibandingkan dengan melahirkan normal.

Selain itu juga untuk ibu yang baru mengalami kehamilan pertama, entah karena rasa kekhawatiran atau ketakutan yang terlalu tinggi yang awalnya kehamilannya bai-baik saja menjadikan bermasalah. Baik itu janinnya yang susah untuk muter atau sungsang atau ada masalah yang lainnya. Dengan hal ini mau tidak mau jalan yang ditempuh adalah operasi cesar. Walaupun sebenarnya masih bisa diupayakan bisa normal, namun harus ada keyakinan dari si ibu dan komunikasi yang intens dengan si janin. Maka dari itu seorang ibu hamil memang harus selalu berpikir dengan tenang dan berpikir positif. Karena kondisi pikiran dan kondisi psikologi ibu sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kondisi si janin. Bunda, yuk ssebelumnya baca terlebih dahulu tentang 7 Langkah Cara Menyapih Anak Dari ASI Usia 2 Tahun Tanpa Rewel ini.

4 Cara Mempercepat Kontraksi Agar Cepat Melahirkan

Oke bunda, kembali ke topik awal kita Cara mempercepat kontraksi agar cepat melahirkan. Dalam upaya kelahiran normal itu sebenarnya bisa diupayakan dan kita bisa sedini mungkin mempersiapkannya. Kita bisa mempersiapkan agar kelahiran kita nanti bisa berjalan lebih lancar dan baik. Seperti apa saja sih upaya-upaya tersebut? Seperti apa saja cara mempercepat kontraksi agar cepat melahirkan? Apa saja cara mempercepat persalinan sebelum tanggal perkiraan itu? Apa saja cara mempercepat pembukaan kelahiran itu? Apa saja cara cepat melahirkan usia 37 minggu itu? Yuk, mari kita bahas di bawah ini dengan seksama.

Bunda, di sini kami cantumkan 4 poin dalam upaya mempercepat kontraksi agar cepat melahirkan. Empat poin di bawah ini adalah hasil dari diskusi kami dengan seorang calon bidan yang tidak diragukan lagi keilmuannya. Walaupun nampaknya beberapa poin tidak kami duga kalau hal tersebut bisa mempermudah kelahiran, bisa mempercepat kontraksi. Tetapi memang kenyataannya demikian, dari segi keilmuan yang dipelajari seperti itu adanya. Oke bunda, lanjutkan membaca dengan secroll terus ke bawah ya.

1. Berhubungan Intim

Cara mempercepat kontraksi agar cepat melahirkan yang pertama adalah berhubungan intim. Cara ini adalah cara alami yang pertama yang paling aman untuk kita tempuh. Kenapa harus berhubungan intim? Yah, karena kandungan Oksitosin dalam sperma bisa memicu kontraksi. Semakin sering berhubungan intim, maka akan menjadikan si janin semakin cepat kontraksinya. Tentunya di sini berhubungan intim pada saat hamil tua. Maka tidak heran jika si bidan atau dokter kandungan Anda menyarankan agar sering berhubungan intim di kehamilan trisemester ketiga.

Pengalaman kami sendiri kemarin sempat pas usia kehamilan sudah mencapai 38 minggu, kami tahu-tahu keluar flek-flek, selanjutnya sehari setelahnya keluar darah yang cukup banyak, namun masih dalam koridor yang aman tidak berbahaya. Dengan hal tersebut kami fikir nanti 1 sampai 2 hari lahir, namun ternyata ditunggu sampai 2 hari, 3 hari belum ada tanda-tanda kontraksi sesungguhnya dari si janin. Sampai-sampai suami tidak berani mendekati, tidak berani mengajak untuk berhubungan intim karena melihat kami sudah keluar darah beberapa hari yang lalu. Akhirnya kami sampaikan sama suami jika kondisi kami baik-baik saja, belum terasa apa-apa walaupun sudah keluar darah dan masih keluar flek-flek coklat sedikit.

Melihat pengakuan kami demikian, akhirnya si suami pun mengajak untuk berhubungan intim dan ternyata 1 hari setelahnya kami mulai merasakan mulas-mulas jarang namun semakin lama, semakin sering. Setelah mulas semakin sering baru terasa ada tendangan-tendangan hebat si janin atau kontraksi hebat dari janin. Hari selanjutnya si bayi lahir deh. Ehm, kami sendiri telah membuktikannya, jika ternyata berhubungan intim sangat membantu dalam mempercepat kontraksi agar cepat melahirkan. Cara pertama ini juga bisa dicoba sebagai cara cepat melahirkan usia 37 minggu.

2. Mengelus-elus Perut

Cara mempercepat kontraksi agar cepat melahirkan yang kedua adalah dengan mengelus-elus perut. Kok bisa ya mengelus-elus perut aja bisa mempercepat kontraksi? Karena dengan mengelus-elus perut, ada area tertentu yang ketika nanti dapat sentuhan bisa sensitif, sehingga otak bisa merespon sentuhan di area tersebut yang bisa menimbulkan kontraksi. Selain itu dielus-elus juga bisa membuat janin merespon bergerak, sehingga bayinya rasanya ingin bergerak. Menjadikan bayi semakin aktif untuk bergerak ketika sudah mendekati kelahiran akan mempercepat kontraksi juga. Hal ini juga bisa sebagai cara mempercepat pembukaan kelahiran.

Bunda, punya balita yang berat badannya kurang? Ada beberapa makanan penambah berat badan anak kita lho. Selengkapnya baca saja di artikel yang satu ini, 4 Makanan Penambah Berat Badan Balita Ini Sungguh Ampuh.

3. Tidur dengan Miring ke kiri 

Cara mempercepat kotraksi agar cepat melahirkan yang ketiga adalah tidur dengan miring ke kiri. Cara ini adalah cara alami yang aman dan mudah untuk dilakukan oleh ibu hamil, sehingga tidak beresiko. Hal ini bisa terjadi karena tidur miring kekiri bisa mempercepat putaran paksi dalamnya sehingga pembukaannya cepat. Selain itu juga asupan oksigen ke otak bayi menjadi lancar dan rongga di daerah perut bisa lebih luas, sehingga janin lebih mudah untuk bergerak. Karena semakin tua usia kehamilan janin semakin bertambah besar, artinya ruang gerak janin semakin terbatasi. Baca juga tentang Waw, Dasyatnya 6 Manfaat Kurma Untuk Hamil 9 Bulan dan Menyusui ini Harus Kita Tahu.

4. Aktivitas Fisik

Cara mempercepat kontraksi agar cepat melahirkan yang keempat adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik di sini adalah aktivitas yang sesuai untuk ibu hamil seperti jalan-jalan santai, senam hamil, senam kegel, duduk di atas bola besar dan kegiatan mengepel lantai. Karena aktivitas-aktivitas tersebut bisa merelaksasi otot-otot jalan lahir, sehingga akan memperingan dan mempercepat proses kelahiran. Aktivitas tersebut jika biasa dilakukan saat hamil trisemester ketiga juga sebagai cara mempercepat pembukaan kelahiran. Selain itu juga dengan aktivitas rutin di akhir trisemester ketiga ini bisa dijadikan upaya dan cara mempercepat persalinan sebelum tanggal perkiraan.

Demikianlah Trik, 4 Cara Mempercepat Kontraksi Agar Cepat Melahirkan yang bisa kita lakukan. Agar kelak proses kelahiran bayi kita lancar dan cepat serta sehat. Seperti itulah dambaan seorang ibu untuk proses kelahirannya kelak, begitu juga dambaan seorang ayah. Bunda dan ayah semua, cara-cara di atas hanyalah contoh cara-cara alami yang aman dan mudah dilakukan. Bunda bisa menambahkan atau menerapkan cara-cara lainnya yang dirasa bisa mempercepat kontraksi, namun harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kesehatan. Bundan dan ayah semua, dapatkan tips-tips dan informasi lainnya hanya di BlognyaKeluargaSakinah.Blogspot.Com.

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment