Waw, Dasyatnya 6 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil 9 Bulan dan Menyusui Ini Harus Kita Tahu.

shares |

Bunda dan calon bunda semua di seluruh Tanah Air ini, kali ini kami merasa perlu untuk mengsharingkan terkait dengan Waw, Dasyatnya 6 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil 9 Bulan dan Menyusui Ini Harus Kita Tahu. Hal ini berdasarkan dari pengalaman kami sendiri yang terjadi di kehamilan kedua kami. Dimana kehamilan pertama kami tidak pernah mengkonsumsi kurma, namun di kehamilan kedua yang menuntut kami untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi menjadikan pengalaman baru dan tersendiri yang kami rasa perlu untuk disampaikan di sini.

manfaat kurma untuk ibu hamil, manfaat kurma untuk ibu hamil 9 bulan, manfaat kurma untuk ibu menyusui
Ada apa dengan kehamilan kedua kami? Yuk mari kita lanjutkan membaca artikel ini. Bunda, kami masih teringat sekali ketika kehamilan kedua yang ternyata sedikit lebih manja dibandingkan dengan kehamilan pertama. Bagaimana tidak sedikit manja, ketika itu tiap hari selama hamil rasanya selalu lemes dan cepat lelah. Hal ini terjadi mulai dari hamil muda sampai hamil tua. Tiap pagi mulai jam 9 lebih mata terasa ngantuk dan ingin sekali merebahkan badan. Mata terasa ingin istirahat lebih lama dari sebelum waktu hamil. Selidik punya seilidik ternyata karena HB rendah. Waktu itu beberapa kali cek HB hasilnya selalu 8,9. Padahal untuk ibu hamil normal HB sekitar 11 sampai 12. Jadi harus mengejarnya untuk mendekati angka tersebut.

Angka yang tidak sedikit tersebut menjadikan kami untuk mengkonsumsi berbagai makanan penambah zat besi, berbagai makanan penambah HB buat ibu hamil. Mulai dari berbagai sayuran hijau, daging sampai dengan buah penambah HB kami konsumsi dengan rutin. Untuk makanan penambah HB ibu hamil selengkapnya bisa dibaca di artikel 5 Makanan Penambah HB Ibu Hamil yang Ampuh dan Cepat ini. Termasuk di sana kami konsumsi buah kurma secara rutin tiap harinya. Dan alhamdulillah dengan rutin mengkonsumsi berbagai makanan tersebut bisa naik HB kami jadi 10,6. Angka yang hampir mendekati 11, namun telah ada peningkatan yang cukup signifikan.

Dari berbagai makanan penambah HB tersebut salah satunya adalah buah kurma. Jujur saja untuk buah kurma ini sebenarnya kami tidak begitu suka, karena rasanya yang sangat manis. Tapi karena konsumsi buah kurma itu adalah salah satu saran dari ahli herbal, maka demi meningkatkan HB akhirnya tetap selalu kami konsumsi tiap harinya. Namun kami juga mencari informasi dari berbagai sumber jika buah kurma itu mengandung banyak gizi yang kita perlukan. Buah kurma baik untuk ibu hamil di semua usia kehamilan dan mempunyai manfaat untuk ibu menyusui. Baca juga tentang 5 Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil ini.

6 Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil 9 Bulan dan Menyusui

Baik para bunda dan calon bunda semua, sebenarnya apa saja sih manfaat kurma untuk ibu hamil? Apa saja manfaat kurma untuk ibu hamil 9 bulan? Apa saja manfaat kurma untuk ibu menyusui? Apa sih jenis kurma yang bagus untuk ibu hamil itu? Untuk mengetahuinya satu persatu bisa kita bahas bersama di bawah ini ya bunda. Berikut ini dasyatnya manfaat kurma untuk ibu hamil.

1. Mencegah Anemia

Manfaat kurma untuk ibu hamil 9 bulan yang pertama adalah mencegah anemia. Kandungan gizi berupa zat besi yang ada dalam buah kurma sangat tinggi, sehingga menjadikan buah kurma ini mampu meningkatkan HB ibu hamil. Dan kita tahu bahwa sebagian besar ibu hamil mengalami masalah ini, yaitu HB rendah. Jadi buat para ibu hamil yang mengalami masalah HB rendah sekarang tidaklah perlu panik dan bingung, cukup perbanyak konsumsi kurma tiap harinya dan makanan kaya zat besi lainnya pastilah HB akan menjadi tinggi. Karena hal ini telah kami buktikan sendiri. Sehingga buah kurma ini bermanfaat untuk ibu hamil 9 bulan dan dalam semua usia kehamilan, baik hamil pada trisemester pertama, kedua maupun ketiga.

2. Sumber Kalsium

Manfaat kurma untuk ibu hamil 9 bulan yang kedua adalah sebagai sumber kalsium. Kandungan kalsium dalam buah kurma cukuplah tinggi yaitu 35mg. Hal ini menjadikan buah kurma sebagai sumber kalsium yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan si janin. Si janin sangat membutuhkan kalsium ini demi pembentukan tulang. Janin yang kekurangan kalsium nantinya perkembangan tulangnya saat setelah lahir juga akan berbeda dengan mereka yang tercukupi akan kalsium sejak dalam kandungan. Untuk ibu menyusui sebaiknya juga banyak konsumsi makanan yang tinggi kalsium. Sehingga manfaat buah kurma untuk ibu menyusui salah satunya sebagai sumber kalsium.

3. Mengatasi Sembelit

Manfaat buah kurma untuk ibu hamil 9 bulan yang ketiga adalah mengatasi sembelit. Buah kurma adalah buah yang kaya akan serat. Sehingga akan memperlancar BAB dan mengatasi masalah sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil. Dengan adanya buah kurma kita tidak perlu lagi khawatir jika terjadi sembelit. Bahkan buah ini bisa mengatasi sembelit bagi semua orang tidak hanya untuk ibu hamil saja. Sehingga sediakan selalu buah kurma untuk keluarga kita di rumah. Baca juga tentang 5 Daftar Makanan yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil Ini.

4. Memulihkan Tenaga

Manfaat buah kurma untuk ibu hamil 9 bulan yang keempat adalah untuk memulihkan tenaga. Satu butir kurma diperkirakan mengandung 1,8 sampai 2 persen protein, 2 sampai 4 persen serat, 50 sampai 57 persen zat glukosa. Kandungan beberapa zat ini menurut penelitian  dapat mengembalikan tenaga yang sempat hilang dan menurun saat persalinan. Sehingga tidak heran jika kita puasa seharian disunnahkan untuk berbuka dengan buah kurma. Alasannya tak lain dan tak bukan untuk bisa segera memulihkan tenaga kita sehabis seharian berpuasa. 

5. Mengecilkan Perut

Manfaat kurma untuk ibu hamil 9 bulan yang kelima adalah mengecilkan perut. Kurma mampu menstimulasi pembentukan hormon potuchin, hormon yang dapat meningkatkan elasatisitas rahim kita sehingga dapat kembali ke ukuran normal, setelah kita melahirkan sekalipun. Selain itu juga membantu kita saat akan persalinan. Ketika kita sedang menunggu proses pembukaan saat mau persalinan, untuk ibu hamil yang sering mengkonsumsi buah kurma ini akan lebih cepat proses pembukaannya jika dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengkonsumsi buah kurma. Hal ini karena dinding rahim dan rahim lebih elastis dibanding dengan mereka yang tidak mengkonsumsi buah kurma selama hamil.

Kami sendiri telah mengalaminya. Waktu itu masih ingat sekali ketika sampai ke tempat persalinan diperiksa oleh bu bidan baru pembukaan 4. Namun hanya beberapa menit saja, pastinya kami lupa, sepertinya sekitar 5 menit saja sudah komplit menjadi pembukaan 10. Sehingga menjadikan proses persalinan lebih cepat dari biasanya, lebih cepat dari persalinan yang pertama dahulu. Kebetulan juga waktu persalinan pertama, ketika hamil tidak pernah mengkonsumsi buah kurma.

6. Melancarkan ASI

Manfaat buah kurma untuk ibu hamil 9 bulan yang keenam dan manfaat kurma untuk ibu menyusui adalah untuk melancarkan ASI. Hal ini yang belum banyak diketahui sebagian besar orang. Dahulu kami tidak tahu jika kurma mampu melancarkan ASI. Tapi ternyata buah kurma ini bisa melancarkan ASI kita saat kita menyusui. Kandungan kalsium dan zat besi yang tinggi dalam buah kurma sangat berperan besar dalam produksi ASI, baik dalam kuantitasnya maupun kualitas ASI. Sehingga manfaat buah kurma untuk ibu menyusui adalah melancarkan ASI.

Demikianlah 6 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil 9 Bulan dan menyusui yang bisa kita ketahui. Dengan hal ini akan menjadikan kita untuk selalu konsumsi buah kurma sejak awal kehamilan sampai melahirkan bahkan ketika kita menyusui juga. Selanjutnya banyak pertanyaan juga apa jenis kurma yang bagus untuk ibu hamil itu? Untuk jenis kurma seperti apa kami sendiri kurang memahaminya, karena memang dari ahli herbal yang pernah kami ajak konsultasi tidak memberikan informasi jenis kurma yang harus dikonsumsi ini. Yang kami pahami adalah buah kurma itu buah para nabi. Sejak zamannya nabi Muhammad telah menjadi makanan andalan dalam segala keadaan. Ketika nabi Muhammad sendiri memberikan contoh, tentunya ada banyak sekali manfaat dan hikmah yang berada di dalamnya.

Untuk para bunda dan calon bunda yang sedang mempersiapkan kehamilannya, sedang mempersiapkan persalinannya semoga diberi kelancaran dan kesehatan dalam menjalani semuanya. Dengan kegembiraan dan keiklhasan akan menjadikan kehamilan kita semakin berpahala. Dan ingatlah para calon bunda semua, untuk proses persalinan ini kita telah diberi kesempatan oleh Allah bisa meninggal dalam keadaan syahid. Bersyukurlah wahai para calon bunda, karena hal tersebut tidaklah diberikan oleh kaum adam. Ehm, jadi ngelantur kemana-mana ini. Oke bunda semua, dapatkan informasi dan tips-tips penting lainnya hanya di BlognyaKeluargaSakinah.Blogspot.Com. 

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment