Dasyatnya, 6 Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil Muda dan 9 Bulan Ini.

shares |


Bunda dan calon bunda semua, pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman yang satu ini, madu. Minuman yang dihasilkan oleh hewan lebah ini sangatlah banyak manfaatnya, bukan hanya untuk ibu hamil, namun untuk balita ataupun yang sudah berusia lanjut pun sangat baik mengkonsumsi minuman yang satu ini. Saking banyaknya manfaatnya mungkin tidak cukup untuk dibahas di sini. Saat ini kami hanya akan fokus membahas tentang Dasyatnya, 6 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil Muda dan 9 Bulan Ini.

manfaat madu untuk ibu hamil, manfaat madu untuk ibu hamil 9 bulan, manfaat madu untuk ibu hamil muda

Setelah kemarin kita telah membahas 6 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil 9 Bulan dan Menyusui juga, salah satu buah yang sangat banyak manfaatnya untuk ibu hamil. Kali ini salah satu minuman yang baik pula untuk ibu hamil. Yah, madu dan kurma adalah minuman dan makanan yang ada sejak zaman nabi. Minuman dan makanan yang menjadi andalan pada zaman Nabi tersebut. Karena madu dan kurma sangatlah banyak kandungan gizinya, sehingga sangat baik untuk tubuh kita. Telah banyak pula disebutkan manfaatnya dalam al-qur'an dan hadist. Bahkan ketika kita puasa, kita disunnahkan untuk berbuka dengan kurma dan minuman madu.

Sebagai seorang ibu hamil memang harus mengkonsumsi makanan yang banyak gizinya, salah satu contohnya di sini madu. Yah, karena ibu hamil harus dalam kondisi tubuh yang baik dan prima agar janin yang dikandung bisa berkembang dengan baik, bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Jadi makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan sangat berpengaruh terhadap janin yang dikandungnya. Untuk ibu menyusui pun juga seperti itu. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan berpengaruh pula terhadap anaknya, terutama saat anaknya masih ASI eksklusif. Baca juga tentang apa saja buah yang baik untuk ibu hamil itu di artikel ini, Inilah 5 Buah yang Baik untuk Ibu Hamil yang Harus Kita Tahu.

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil Muda dan 9 Bulan

Selanjutnya apa saja sih manfaat madu untuk ibu hamil itu? Apa saja manfaat madu untuk ibu hamil 9 bulan itu?Apa saja manfaat madu untuk ibu hamil muda itu? Apa saja manfaat madu ibu hamil al mabruroh itu? Apa ada bahaya madu untuk ibu hamil itu? Dan bagaimana cara minum madu saat hamil itu? Dari sekian pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari kita urai dan jawab satu persatu di bawah ini. Lanjutkan membacanya ya bun.

1. Mengatasi Mual

Manfaat madu untuk ibu hamil muda yang pertama adalah mengatasi mual-mual. Hampir 70% wanita hamil mengalami morning sicknes atau mual-mual, entah itu di pagi hari maupun di malam hari atau siang harinya. Masalah mual-mual atau morning sickness ini sungguh tidak mengenakkan dan menjadikan ibu hamil malas makan. Sehingga nutrisi yang masuk pun terbatas. Sehingga hal ini harus diatasi. Salah satu ramuan atau minuman yang bisa mengatasi mual-mual ataupun perut kembung adalah madu, tentunya madu murni. Kita bisa menyeduh madu dengan air hangat selanjutnya kita minum, sehingga mual-mual ini akan terkurangi. Yah, poin pertama inilah sebagai manfaat madu untuk ibu hamil muda.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat madu untuk ibu hamil muda dan 9 bulan yang kedua adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ibu hamil harus selalu dalam kondisi baik dan sehat tubuhnya. Namun tidak sedikit pula ibu hamil yang tubuhnya lebih rentan dan sensitif terhadap penyakit. Maka dari itu perlu adanya tambahan nutrisi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuhnya. Salah satu makanan atau minuman yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh si ibu adalah madu.

3. Memperkuat Kandungan

Manfaat madu untuk ibu hamil muda yang ketiga adalah untuk memperkuat kandungan. Kandungan gizi yang ada dalam madu mampu memperkuat janin yang ada dalam kandungan. Dalam usia kandungan yang masih muda biasanya masih rawan. Sehingga ada baiknya untuk mengkonsumsi madu sejak awal kehamilan. Lebih-lebih bagi wanita yang mempunyai riwayat kandungannya lemah, maka sebaiknya selalu konsumsi madu sejak sebelum hamil. Sehingga manfaat madu untuk ibu hamil muda salah satunya adalah dapat memperkuat kandungan. Baca juga tentang penyebab-penyebab keguguran pada awal kehamilan di artikel ini, Waspadai 7 Penyebab Keguguran pada Awal Kehamilan Ini.

4. Meningkatkan HB Ibu Hamil

Manfaat madu untuk ibu hamil muda dan 9 bulan yang keempat adalah untuk meningkatkan HB ibu hamil. Kandungan Fe dan zat besi pada madu cukup tinggi. Hal ini menjadikan madu dapat meningkatkan HB ibu hamil. Dan kita tahu bahwa sebagian besar ibu hamil mengalami masalah HB rendah. Sehingga ibu hamil harus banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak zat besi, salah satunya bisa dengan minum madu. Untuk makanan penambah HB ibu hamil lebih lengkapnya apa saja, bisa baca artikel yang satu ini, 5 Makanan Penambah HB ibu Hamil yang Ampuh dan Cepat. Sehingga manfaat madu untuk ibu hamil muda salah satunya bisa meningkatkan HB. Hal ini juga sebagai manfaat madu untuk ibu hamil 9 bulan.

5. Suplemen Penambah Tenaga

Manfaat madu untuk ibu hamil muda dan 9 bulan yang kelima adalah sebagai sumber tenaga. Kandungan zat gula berupa glukosa dan fruktosa pada madu menjadikan tubuh semakin bertenaga ketika minum madu. Tak heran jika kita berbuka setelah puasa lebih baik minum madu. Sehingga manfaat madu sebagai penambah tenaga ini, madu baik dikonsumsi selama kehamilan, terutama saat hamil muda maupun saat hamil 9 bulan dan menjelang persalinan. Karena saat hamil muda biasanya ibu hamil sering lemes, dan saat menjelang persalinan itu butuh tenaga ekstra dalam proses persalinan itu sendiri.

6. Membantu Pertumbuhan Fisik dan Mental Janin

Manfaat madu untuk ibu hamil muda dan 9 bulan yang keenam adalah membantu pertumbuhan fisik dan mental janin. Kandungan gizi yang ada dalam madu yang tidak sedikit ini sangat baik untuk pertumbuhan janin, baik pertumbuhan fisiknya maupun mentalnya. Tentunya kita mengharapkan pertumbuhan fisik janin kita selalu baik kan? Sehingga madu sangat baik dikonsumsi pada semua usia kehamilan, baik pada saat hamil muda maupun hamil 9 bulan dan menjelang persalinan sekalipun.

Selanjutnya di atas masih ada beberapa pertanyaan yang belum terjawab diantaranya ada pertanyaan apa saja manfaat madu ibu hamil al mabruroh? Jujur saja ini kami belum pernah mengkonsumsi madu al mabruroh. Sehingga kami sendiri kurang paham manfaat madu tersebut. Yang perlu kami tekankan di sini adalah madu yang dikonsumsi sebaiknya madu murni, tanpa campuran lainnya. Walaupun memang untuk mengenali madu murni atau campuran tidak mudah. Selain itu juga untuk madu murni sendiri harganya lumayan tinggi. Tapi demi kesehatan dan karena kandungan gizinya yang tinggi maka kita bisa membelinya sedikit sedikit saja, misal sudah habis beli lagi.

Lalu bagaimana cara minum madu saat hamil itu? Hehehe, ternyata ada juga pertanyaan seperti ini ya. Yah, ternyata masih banyak yang belum begitu paham cara minum madu saat hamil. Cara minum madu saat hamil itu cukup diseduh saja dengan air minum, lebih enaknya dengan air hangat, jadi bisa digunakan sekalian buat wedangan. Tapi kembali lagi sesuai selera sih. Kenapa tidak diminum langsung dengan menggunakan sendok, satu atau dua sendok? Hal ini bertujuan agar madu bisa lebih mudah larut dan dicerna oleh tubuh. Sehingga manfaat madu bisa segera kita rasakan. Perlu diperhatikan juga untuk anak kecil atau balita meminumkannya harus dilarutkan terlebih dahulu, karena ketika diminum madu langsung terlalu keras bagi mereka.

Ada juga pertanyaan ada tidak sih bahaya madu untuk ibu hamil tersebut? Berdasarkan pengalaman dan pengetahuan kami tidak ada bahaya madu untuk ibu hamil. Madu aman-aman saja dan bagus dikonsumsi oleh ibu hamil maupun yang tidak hamil, karena madu dapat meningkatkan ketahanan tubuh kita seperti yang telah diungkapkan di atas. Selain itu juga bagi kita yang sakit kembung atau mules-mules bisa minum madu.

Demikianlah 6 Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil Muda dan 9 Bulan. Semoga bisa menjadi bahan perenungan dan pengetahuan sehingga menjadikan kita untuk tidak takut lagi mengkonsumsi madu saat hamil. Selain itu juga kita tahu manfaat madu untuk ibu hamil muda dan manfaat madu untuk ibu hamil 9 bulan cukup penting. Lalu buat kita yang tidak hamil, bisa memberikan pengetahuan ini kepada saudara atau teman kita yang hamil maupun kepada istri kita. Oya kawan, dapatkan juga tips-tips dan informasi lainnya yang tak kalah pentingnya hanya di BlognyaKeluargaSakinah.Blogspot.Com.

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment